Covid-19 Mereda, Jepang Mulai Buka Akses Bagi Turis Asing

Nusantaratv.com - 08 Juni 2022

Pengunjung mengenakan masker pasca merebaknya penyakit coronavirus (COVID-19), menjelajahi gerbang kayu torii di kuil shinto Fushimi Inari Taisha di Kyoto, Jepang 13 Maret 2020. (foto: REUTERS/Edgard Garrido)
Pengunjung mengenakan masker pasca merebaknya penyakit coronavirus (COVID-19), menjelajahi gerbang kayu torii di kuil shinto Fushimi Inari Taisha di Kyoto, Jepang 13 Maret 2020. (foto: REUTERS/Edgard Garrido)

Penulis: Supriyanto

Nusantaratv.com - Turis asing yang mengunjungi Jepang akan diminta untuk mengenakan masker, mengambil asuransi kesehatan swasta dan didampingi selama mereka tinggal, kata pemerintah Jepang pada Selasa (07/06/2022), saat merencanakan pembukaan bertahap dari dua tahun COVID-19 pembatasan.

Hanya pengunjung dengan paket wisata yang akan diizinkan masuk selama fase pertama pembukaan kembali, mulai 10 Juni 2022, kata Badan Pariwisata Jepang (JTA), menambahkan bahwa pemandu agen perjalanan yang menemani pengunjung harus memastikan mereka mengenakan masker.

“Pemandu wisata harus sering mengingatkan peserta tur tentang tindakan pencegahan infeksi yang diperlukan, termasuk mengenakan dan melepas masker, di setiap tahap tur,” kata JTA dalam pedomannya.

“Bahkan di luar ruangan, pemakaian masker harus berlanjut dalam situasi di mana orang berbicara dalam jarak dekat.”

Jepang telah memberlakukan beberapa kontrol perbatasan paling ketat di dunia selama pandemi, melarang masuknya hampir semua non-penduduk.

Karena sebagian besar negara di dunia sudah mulai terbuka kembali setelah COVID-19, Jepang juga melonggarkan aturannya. Perdana Menteri Fumio Kishida telah berjanji untuk menyelaraskan langkah-langkah perbatasan dengan negara-negara lainnya. 

Pemerintah baru-baru ini mulai melonggarkan panduan masker untuk masyarakat umum. Mengenakan masker untuk mencegah penyebaran virus merupakan hal biasa di Jepang sebelum pandemi virus corona.

Jepang melakukan “tur uji” kelompok sekitar 50 orang bulan lalu, kebanyakan dari mereka adalah agen perjalanan, tetapi salah satu peserta dinyatakan positif COVID.

James Jang, agen perjalanan dari Australia yang ikut serta dalam salah satu tur uji coba, mengatakan aturan itu kemungkinan akan menunda beberapa orang untuk saat ini.

“Klien akan baik-baik saja dengan mengenakan masker di dalam ruangan tetapi memakainya 24 jam itu merepotkan,” kata Jang kepada Reuters.

“Biaya pemandu setiap saat dapat menghalangi klien sampai nanti ketika mereka memiliki lebih banyak fleksibilitas.”

Pada 2019, Jepang menjadi tuan rumah bagi 31,9 juta pengunjung asing, yang menghabiskan 4,81 triliun yen atau $36,28 miliar, ($ 1 = 132,5700) yen atau Rp.523 triliun (1 yen = 108,77 Rupiah). (Rafli)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close