Covid-19 'Menggila', China Pecat Kepala Kesehatan Kota Beijing

Nusantaratv.com - 25 Mei 2022

Pemerintah Kota Beijing gencar melakukan tes covid-19/ist
Pemerintah Kota Beijing gencar melakukan tes covid-19/ist

Penulis: Andi Faisal | Editor: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Pemerintah China memecat Kepala Kesehatan Beijing, Yu Luming, pada Rabu (25/5/2022), karena terjadi lonjakan kasus di ibu kota negara itu. 

Dilaporkan, dalam sepekan terakhir terjadi ratusan kasus covid-19 varian Omicron di Beijing. Jumlah tersebut merupakan yang terbesar di Beijing sejak awal pandemi.

Angka itu diperkirakan bakal terus naik meski China melakukan kebijakan ketat nol-Covid.

Guna menekan penyebaran varian Omicron, Pemerintah kota pun memerintahkan jutaan warga Beijing untuk bekerja dari rumah. Begitu pula transportasi publik seperti bus dan layanan kereta bawah tanah diliburkan selama kasus meningkat di Beijing.

Tempat-tempat umum seperti taman, restoran, sekolah, dan toko-toko harus tutup di Beijing.

"Yu dianggap melakukan pelanggaran disiplin dan aturan terkait penanganan Covid-19 dan tengah menjalani tinjauan dan investigasi," demikian tulis Xinhua.

Media China lainnya juga melaporkan, Wakil Wali Kota Beijing, Wang Hong, mengundurkan diri setelah Covid merebak di kota itu. Namun, tak disebutkan alasannya.

China masih menjalankan penerapan lockdown ketat dalam kebijakan nol-Covid selama pandemi.

Pemerintah pusat juga sudah banyak memecat para kepala daerah yang dinilai gagal menegah 'ledakan' kasus Covid di sejumlah daerah dan kota, mengutip CNNIndonesiacom.

Pemecatan itu termasuk terhadap para pejabat kota metropolitan Shanghai setelah kota itu mengalami 'badai' Covid, beberapa waktu lalu.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close