Contraflow 2 Jalur di Tol Cikampek Arah Jakarta Dimulai Buat Urai Macet Arus Balik

Nusantaratv.com - 13 April 2024

Kondisi lalu lintas di Gerbang Tol Cikampek (Jawa Barat) pada Jumat (12/4/2024). (Foto: ANTARA)
Kondisi lalu lintas di Gerbang Tol Cikampek (Jawa Barat) pada Jumat (12/4/2024). (Foto: ANTARA)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Dalam rangka mengurai peningkatan volume lalu lintas pada arus balik, kepolisian berlakukan rekayasa lalu lintas contraflow di Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) arah Jakarta. 

VP Corporate Secretary and Legal PT Jasamarga Transjawa Tol, Ria Marlinda Paallo menjelaskan bahwa, "Rekayasa lalu lintas tersebut berupa contraflow 2 lajur, mulai dari KM 70 hingga KM 47 arah Jakarta pada Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Penyelenggaraan contraflow dimulai pukul 14.40 WIB."

Para pengguna jalan diminta untuk mengantisipasi perjalanan dengan memastikan kendaraan dalam keadaan prima, saldo uang elektronik mencukupi, dan bahan bakar terisi sebelum memulai perjalanan. Selain itu, disarankan untuk membawa bekal sebagai persiapan menghadapi kemungkinan kepadatan di rest area.

Penting untuk selalu berhati-hati dalam berkendara, patuhi rambu-rambu lalu lintas, dan mengikuti arahan petugas di lapangan. Pengguna jalan tol juga diwajibkan untuk mematuhi aturan berkendara aman saat melintas di lajur contraflow atau lawan arah.

Kerja sama dari semua pihak diperlukan agar layanan dan fasilitas dalam pemberlakuan rekayasa lalu lintas contraflow dapat berjalan dengan baik dan lancar. Adapun hal yang paling penting adalah memastikan kendaraan dalam kondisi laik jalan dan pengemudi dalam keadaan prima, karena selama berada di lajur contraflow, pengguna jalan tidak dapat menggunakan fasilitas rest area.

Lebih lanjut, sikap disiplin dalam berkendara sangat ditekankan, seperti tidak membawa penumpang atau barang melebihi batas muatan, mematuhi rambu-rambu lalu lintas, serta mematuhi batas kecepatan di lajur contraflow, yang telah ditetapkan maksimal 60 km/jam. Selain itu, menyalakan lampu diperlukan, termasuk pada siang hari saat memasuki lajur contraflow.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])

x|close