Cisarua Puncak Banjir, Megamendung Longsor

Nusantaratv.com - 01 Juni 2022

Ilustrasi. (Net)
Ilustrasi. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Banjir melanda Kampung Ciburial, Kecamatan Cisarua, Puncak, Kabupaten Bogor pada Selasa (31/5/2022). Ini terjadi usai hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut. 

Kasi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, Adam Hamdani menjelaskan hujan deras dengan durasi lama tersebut mengakibatkan naiknya debit Kali Baru Jeruk.

"Serta buruknya drainase mengakibatkan banjir genangan dengan tinggi muka air kurang lebih 50cm," ujar Adam. 

Hasil pendataan, sebanyak tiga RT dan lima unit ruko terdampak genangan banjir. Selain itu, akses Jalan Cibural rusak karena terdampak derasnya banjir.

"Untuk saat ini air genangan sudah surut pada pukul 18.30 WIB dan sebagian rumah dan ruko sudah dibersihkan oleh pemilik dan warga setempat," kata dia. 

Di samping banjir, tanah longsor dan rumah ambruk juga terjadi di Kampung Pabuaran, Desa Sukamahi, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor.

Adam mengatakan, tanah longsor yang terjadi di RT 02/03 Kampung Pabuaran terjadi karena hujan deras mengakibatkan tebing dengan panjang 5 meter dan lebar 8 meter longsor.

"Disebabkan hujan dengan intensitas deras yang cukup lama mengakibatkan tebingan mengalami longsor yang berdampak pada rumah warga," jelasnya.

Sedangkan untuk rumah ambruk di RT 01/04 Kampung Pabuaran juga terjadi karena intensitas hujan yang tinggi dan kondisi rumah yang sudah lapuk.

"Untuk saat ini rumah masih bisa ditempati,dan sudah diberi edukasi ke korban oleh tim untuk antisipasi longsor susulan," tandas Adam. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close