Cilegon Kota Paling Intoleran, Depok Menyusul

Nusantaratv.com - 06 April 2023

Kota Cilegon. (Net)
Kota Cilegon. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Kota Cilegon jadi kota yang mendapat skor toleransi paling rendah dalam laporan Indeks Kota Toleran (IKT) 2022 versi SETARA Institute. SETARA Institute membeberkan alasannya.

Kota Cilegon menduduki peringkat ke-94 atau paling bawah dalam laporan IKT 2022 itu. Sedangkan di atas Cilegon, ada Depok, yang menduduki peringkat ke-93.

Ketua Badan Pengurus SETARA Institute Ismail Hasani memaparkan temuan mereka mengenai Cilegon. Ia mengatakan, Cilegon mendapat nilai rendah pada 3 dari 4 variabel penilaian yang ditetapkan.

"Yang pertama tindakan pemerintahnya. dia bersepakat dengan masyarakat yang memiliki aspirasi politik intoleran, untuk melarang orang membangun tempat ibadah. Jadi dari sisi variabel tindakan pemerintah sudah nol," ujarnya kepada wartawan di Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Kamis (6/4/2023).

Cilegon, kata dia, dari sisi kebijakan masih mengafirmasi atau mempedomani surat edaran di tahun 1975 tentang larangan mendirikan gereja di Kota Cilegon. Padahal sebenarnya, lanjut dia, edaran itu memuat instruksi untuk Kota Serang.

"Dengan dia masih mempedomani ini, dia masih meyakini produk hukum yang diskriminatif ini sebagai dasar hukum, dua variabel," jelas dia.

Ismail menyebut variabel ketiga yakni masyarakat. Dia menyoroti representasi masyarakat yang intoleran muncul ke ruang publik.

"Dengan tiga variabel yang masih bermasalah sampai sekarang ini, teman-teman peneliti menyimpulkan dan memberikan skor lebih rendah dari tahun lalu bahkan," tutur Ismail.

Sementara, kata dia, secara skor akhir penilaian kota Depok tidak mengalami peningkatan signifikan. Hanya saja, kota Cilegon mengalami penurunan secara skor dan posisi.

Di tahun 2021 Depok mendapat skor 3,577, sementara tahun ini atau 2023 dengan skor 3,610. Adapun Cilegon pada tahun 2021 berada di posisi tiga terendah dengan skor akhir 4,087 dan saat ini mendapat skor akhir 3,227.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close