China ‘Sangat Mungkin’ Menempatkan Pasukan Militer di Kepulauan Solomon

Nusantaratv.com - 27 April 2022

Suasana Jalan-jalan di Kota  Honiara, kepulauan Solomon, 6 Desember 2021. (Foto: AFP/ Mavis Podokolo)
Suasana Jalan-jalan di Kota Honiara, kepulauan Solomon, 6 Desember 2021. (Foto: AFP/ Mavis Podokolo)

Penulis: Supriyanto

Nusantaratv.com - China "sangat mungkin" menempatkan pasukan di Kepulauan Solomon setelah menandatangani kesepakatan keamanan yang kontroversial dengan negara Pasifik, kata menteri dalam negeri Australia pada Rabu (27/04/2022).

Kesepakatan itu diumumkan oleh Beijing Selasa (26/04/2022), hanya beberapa minggu setelah versi draf bocor di media sosial sehingga memicu kekhawatiran hadirnya militer China di Pasifik Selatan.

Realistis China akan meminta untuk menempatkan pasukan di Kepulauan Solomon pada tahun depan, Menteri Dalam Negeri Karen Andrews mengatakan kepada radio 4BC bahwa itu "sangat mungkin".

“Kemungkinan itu akan menjadi jalan yang akan diambil China di kawasan Pasifik,” katanya.

Perdana Menteri Kepulauan Solomon Manasseh Sogavare telah berulang kali mengatakan tidak akan ada pangkalan militer China yang dibangun di negaranya berdasarkan kesepakatan keamanan tetapi belum mengumumkan versi final dari pakta tersebut.

Draf yang bocor berisi ketentuan yang memungkinkan keamanan China dan pengerahan angkatan laut ke Kepulauan Solomon, termasuk bahasa yang menyatakan "pasukan China" akan diberdayakan untuk melindungi "keselamatan personel China" dan "proyek besar". (Rafli Dwidani Setyawan)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close