China Melaporkan Kasus Pertama Flu Burung H3N8 Pada Manusia

Nusantaratv.com - 27 April 2022

China memiliki populasi besar baik burung ternak maupun burung liar dari banyak spesies, menciptakan lingkungan yang ideal bagi virus unggas untuk bercampur dan bermutasi. (AFP)
China memiliki populasi besar baik burung ternak maupun burung liar dari banyak spesies, menciptakan lingkungan yang ideal bagi virus unggas untuk bercampur dan bermutasi. (AFP)

Penulis: Supriyanto

Nusantaratv.com - China telah mencatat terjadi infeksi pertama pada manusia disebabkan flu burung jenis H3N8. Infeksi virus ini didapatkan pada anak-anak berusia balita.

Seorang anak laki-laki berusia empat tahun dari provinsi Henan ditemukan terinfeksi varian tersebut setelah mengalami demam dan gejala lainnya pada (05/04/2022). Seperti disampaikan oleh Komisi Kesehatan Nasional dalam sebuah pernyataan.

“Anak itu telah melakukan kontak dengan ayam dan gagak yang dipelihara di rumahnya”, tambahnya.

Varian H3N8 sebelumnya telah terdeteksi di tempat lain di dunia pada kuda, anjing, burung dan anjing laut tetapi tidak ada kasus H3N8 pada manusia yang dilaporkan, kata NHC.

Komisi tersebut mengatakan dari pengamatan yang telah dilakukan menyimpulkan bahwa varian tersebut belum begitu berbahaya bagi manusia sehingga kemungkinan terjadinya epidemi sangat rendah.

Banyak jenis flu burung yang berbeda hadir di China dan beberapa menginfeksi orang secara sporadis, terutama pada mereka yang pekerjaannya bersinggungan langsung dengan unggas.

China memiliki populasi besar baik burung ternak maupun burung liar dari banyak spesies, menciptakan lingkungan yang ideal bagi virus unggas untuk bercampur dan bermutasi.

Tahun lalu China melaporkan kasus pertama H10N3 pada manusia. 

Dengan semakin banyak ditemukannya virus flu burung yang menginfeksi manusia, maka perlu pengawasan lebih seksama terhadap perkembangan virus ini. (Rafli Dwidani Setyawan)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close