China Bantu Pembangunan Fasilitas Pendidikan di Laos

Nusantaratv.com - 26 April 2022

Ilustrasi bendera China dan Laos. (Caixin Global)
Ilustrasi bendera China dan Laos. (Caixin Global)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Pembangunan proyek fasilitas pendidikan yang dibantu China di Institut Pos dan Telekomunikasi Laos telah dimulai di ibu kota Laos, Vientiane.

Dikutip dari Xinhua, Selasa (26/04/2022), duta Besar China untuk Laos Jiang Zaidong dan Boviengkham Vongdara, Menteri Teknologi dan Komunikasi Laos, menghadiri upacara peletakan batu pertama yang dilaksanakan pada Senin (25/4/2022).

Proyek tersebut meliputi pembangunan gedung pengajaran, dengan total luas bangunan sekitar 5.500 meter persegi. Bangunan lima lantai menampung ruang kelas, laboratorium dan perpustakaan, dan lainnya.

Kontraktor proyek China Railway Construction Group Co., Ltd. (CRCG), yang juga merupakan kontraktor proyek Kereta Api China-Laos, mengatakan kepada Xinhua, tim tekniknya akan mengintegrasikan unsur-unsur budaya tradisional Laos ke dalam gaya arsitektur modern.

Jiang mengatakan dalam pidatonya pada upacara peletakan batu pertama jika China akan terus membantu Laos di sektor pendidikan, melayani pembangunan ekonomi dan sosial Laos serta kerja kerja sama yang lebih erat antara kedua negara.

Boviengkham berterima kasih kepada pihak China atas kontribusinya terhadap pengembangan teknologi informasi dan pendidikan di Laos, dengan mengatakan hal itu akan membantu meningkatkan hubungan maupun kerja sama antara kedua negara. (Annissya Chusnul Khotimah)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close