Cegah Putus Sekolah Pemkab Gunungkidul Berikan Beasiswa Cerdas

Nusantaratv.com - 02 Agustus 2023

Para siswa di Gunungkidul dalam suatu aktivitas edukasi. (ANTARA/Sutarmi)
Para siswa di Gunungkidul dalam suatu aktivitas edukasi. (ANTARA/Sutarmi)

Penulis: Supriyanto

Nusantaratv.com - Untuk mengantisipasi tingginya putus sekolah yang terjadi di daerah Gunung Kidul, Dinas Pendidikan Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta memberikan beasiswa Cerdas kepada anak-anak usia sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan Gunungkidul, Nunuk Setyowati, pada Rabu (2/8/2023) menyampaikan bahwa berdasarkan data, jumlah anak putus sekolah usia antara 7-18 tahun tercatat sebanyak 336 anak.

“Untuk mencegah terjadinya anak putus sekolah sudah menyiapkan beberapa program, salah satunya memberikan beasiswa dalam Program Gunungkidul Cerdas yang diberikan ke anak-anak kurang mampu,” kata dia seperti dikutip dari Antara.

Dari jumlah 336 anak yang putus sekolah, 240 terdiri dari laki-laki dan 96 anak perempuan.

Selain memberikan beasiswa, Dinas Pendidikan Gunungkidul juga selalu memberi motivasi kepada anak-anak mulai dari TK hingga SMP agar mereka memiliki gambaran dadn cita-cita yang ingin diraih di masa depannya.

Disamping itu Dinas Pendidikan Gunungkidul juga menyarankan kepada para guru agar selalu memberikan motivasi kepada anak didiknya agar mereka tetap berkeinginan untuk belajar.

“Adanya cita-cita ini sangat penting karena anak jadi bersemangat meraih apa yang diimpikan. Jadi, saya setiap datang ke sekolah terus mendorong anak-anak bisa mewujudkan cita-cita yang dimiliki sehingga sekolahnya tidak putus di tengah jalan,” katanya.

Dinas Pendidikan setempat juga melakukan kampanye anti-pernikahan dini, khususnya bagi murid perempuan dengan cara memberikan gambaran tentang bahaya pernikahan dini mengenai masalah kesehatan.

“Tentunya untuk memerangi putus sekolah juga butuh partisipasi dari semua pihak,” katanya.

Wakil Ketua DPRD Gunungkidul Heri Nugroho mengaku kaget dengan angka putus sekolah di daerah tersebut.

“Kami berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan untuk mencari penyebab pasti terjadinya permasalahan ini. Kami minta angka kasus putus sekolah harus ditekan dan dicarikan solusi agar anak-anak tetap bisa bersekolah,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close