Cegah Penyusup Demo Buruh-Mahasiswa, Polisi Cegat Truk di Perbatasan

Nusantaratv.com - 21 April 2022

Demo mahasiswa. (Net)
Demo mahasiswa. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Polisi mencegat sejumlah truk di Jalan Raya perbatasan Jakarta Timur-Depok jelang demo mahasiswa serta buruh di DPR dan Istana Negara, Kamis (21/4/2022).

Sejumlah truk diberhentikan lalu diperiksa guna memastikan tidak mengangkut massa aksi. Razia truk-truk di jalan raya perbatasan Depok-Jakarta dilakukan aparat sekitar pukul 9.30 WIB.

"Dalam rangka filterisasi antisipasi kegiatan aksi penyampaian pendapat, Polri Resor Jakarta Timur melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan truk di perbatasan Jakarta Timur-Depok Jl. Raya Bogor Pasar Rebo," cuit akun Twitter TMC Polda Metro.

Sementara, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan menjelaskan pemeriksaan sejumlah truk di titik-titik perbatasan Jakarta dilakukan untuk mengantisipasi penyusup dalam aksi demo mahasiswa dan buruh hari ini.

Bukan hanya di titik perbatasan, filterisasi juga dilakukan di sekitar lokasi demo antara lain di kawasan Patung Kuda dan depan.

"Kegiatan filterisasi untuk hindari penyusupan dari orang lain maupun kelompok yang akan lakukan unjuk rasa sehingga kita harapkan dengan filterisasi ini tidak ada penyusup yang masuk ke kelompok unjuk rasa," ujar Zulpan, Kamis (21/4/2022).

Sebanyak 9.915 personel gabungan TNI, Polri Satpol PP dikerahkan guna mengamankan aksi demonstrasi. Selain itu, Ditlantas Polda Metro Jaya juga melakukan penutupan jalan dan rekayasa lalu lintas di beberapa ruas jalan.

Demo dihelat BEM Universitas Indonesia di Medan Merdeka Barat. Di lain lokasi, aliansi Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak) juga menggelar demo di depan Gedung DPR.

Secara umum, mereka menyuarakan penolakan atas wacana penundaan pemilu dan perpanjangan masa jabatan presiden. Mereka turut menolak kenaikan harga BBM.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close