Cegah Hepatitis Misterius, Dinkes DKI Anjurkan Air Isi Ulang Dimasak Dulu

Nusantaratv.com - 19 Mei 2022

Ilustrasi air isi ulang/ist
Ilustrasi air isi ulang/ist

Penulis: Andi Faisal | Editor: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Penyebaran hepatitis 'misterius' di DKI Jakarta semakin mengkhawatirkan. Jumlah kasus terus bertambah. 

Laporan Dinkes DKI Jakarta pada Rabu (18/5/2022) pukul 08.00 WIB, tercatat 24 orang diduga pasien hepatitis akut misterius di DKI Jakarta. Dari jumlah tersebut, 5 orang dinyatakan meninggal dunia, satu kasus probable dan empat kasus pending klasifikasi.

Guna mencegah penyebaran virus hepatitis 'misterius' semakin meluas, Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta gencar mensosialisasikan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). 

"Mencegah sakit dengan PHBS (perilaku hidup bersih dan sehat) di rumah, sekolah, dan tempat aktivitas lain," papar dr Dwi Oktavia, Kepala Bidang P2P Dinkes DKI Jakarta, Kamis (19/5/2022).

Dijelaskan, rata-rata penyakit infeksi bisa menular melalui tiga cara, salah satunya lewat saluran pencernaan. Sehingga, masyarakat diminta waspada dengan segala makanan atau minuman yang hendak dikonsumsi.

dr Dwi Oktavia mengimbau masyarakat untuk menggunakan air bersih saat memasak dan meminum air yang terjamin kualitas kebersihannya.

"Kalau menggunakan air minum kemasan isi ulang dari depot air isi ulang, perlu dimasak dahulu. Ini semua upaya-upaya menjaga kesehatan," imbau dr Dwi, mengutip detikcom.

dr Dwi juga mengingatkan, untuk mengkonsumsi makanan yang bersih dan sehat serta dimasak dengan sempurna. Sebelum makan, cuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

"Di musim pancaroba ini, penting untuk mencegah berbagai penyakit infeksi, baik (infeksi) dari saluran cerna, saluran pernapasan, dan kita haru menjaga lingkungan tetap sehat," tukasnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close