Catat! Pemudik Wajib Punya Tiket H-1 Keberangkatan dari Pelabuhan Merak-Bakauheni

Nusantaratv.com - 15 Maret 2024

Antrean kendaraan yang hendak menyeberang di Pelabuhan Merak/ist
Antrean kendaraan yang hendak menyeberang di Pelabuhan Merak/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Pemudik melalui Pelabuhan Merak-Bakauheni wajib memiliki tiket maksimal H-1 keberangkatan. Kebijakan ini bertujuan mempercepat penyeberangan Merak menuju Bakauheni, Lampung dan sebaliknya.

Hal itu disampaikan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Hendro Sugiatno, pada Kamis (14/3/2024).

"Kami memberikan pelayanan dengan optimal agar penyeberangan Merak- Bakauheni pada Angkutan Lebaran 2024 berjalan lancar," kata Hendro Sugiatno.

Diperkirakan pergerakan orang pada angkutan Lebaran 2024 naik sebesar 15 persen merujui dari realisisasi angkutan Lebaran tahun lalu.

Guna memecah kepadatan kendaraan, pada Lebaran 2024 akan dioperasikan kembali beberapa pelabuhan perbantuan seperti pengoperasian Pelabuhan Ciwandan, BBJ Bojonegara, BBJ Muara Pilu dan Pelabuhan Indah Kiat yang mengarah ke Pulau Sumatera.

Selain itu, di lintas Merak-Bakauheni rencananya akan dioperasikan 55 kapal (ekspres dan reguler), sementara lintas Ciwandan - Bakauheni disiapkan 10 kapal dan BBJ - Muara Pilu akan dilayani 5 kapal.

Baca juga: Rakor Angkutan Lebaran 2024, Kakorlantas : Siapkan Rekayasa Lalu Lintas di Pelabuhan Merak-Bakauheni

Hendro menjelaskan layanan penyeberangan dari Jawa menuju Sumatera selama periode mudik akan terbagi melalui tiga operasional pelabuhan yakni ASDP Merak, Ciwandan, dan BBJ Bojonegara. Pelabuhan ASDP Merak akan layani penumpang golongan penumpang pejalan kaki, kendaraan roda empat, dan bus serta truk golongan VB.

Adapun pelabuhan Ciwandan dibuka untuk melayani kendaraan roda dua dan truk golongan VIB dan VII. Adapun pelabuhan BBJ Bojonegara akan khusus menyeberangkan truk golongan VIII dan IX.

Untuk memudahkan pemudik yang membeli tiket melalui Ferizy, nantinya akan tercantum informasi pada tiket dari pelabuhan mana lokasi pemberangkatan penyeberangan kapal ferry sesuai golongan yang telah dipilih sebelumnya.

Pada kesempatan yang sama Direktur Utama ASDP Ira Puspadewi menyampaikan ASDP bersinergi dengan instansi berwenang untuk menjaga v/c ratio di bawah 0.8 selama periode angkutan lebaran sehingga kelancaran arus kendaraan baik dari maupun menuju area sekitar pelabuhan dapat terwujud.

Sementara itu, Kepala Korlantas Polri Brigjen Polisi Aan Suhanan juga mendorong agar pemudik pastikan secara mandiri telah membeli tiket jauh hari dan perlu perhatikan radius jarak pemesanan maksimum berada di jarak 4.71 km dari sisi terluar pelabuhan.

“ASDP tidak akan melayani penumpang yang belum memiliki tiket dan petugas kami akan memutar balik kendaraan pemudik yang tidak punya tiket agar tidak menghambat arus lalu lintas di sekitar pelabuhan,” tegas Aan.

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close