Canggih! Robot Pemandu di Masjidil Haram Bisa 11 Bahasa, Apa Saja?

Nusantaratv.com - 16 Mei 2022

Robot pemandu di Masjidil Haram bisa menjawab pertanyaan jamaah dalam 11 bahasa. ((@ReasahAlharmain via Arab News)
Robot pemandu di Masjidil Haram bisa menjawab pertanyaan jamaah dalam 11 bahasa. ((@ReasahAlharmain via Arab News)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Pemerintah Arab Saudi menghadirkan robot yang memberi panduan kepada jamaah di Masjidil Haram, Makkah, dalam 11 bahasa.

Dikutip dari Arab News, Senin (16/5/2022), robot bakal memandu jamaah dalam bahasa Arab, Inggris, Prancis, Rusia, Persia, Turki, Melayu, Urdu, China, Bengali, Hausa.

Robot itu memandu jamaah tentang cara ritual umrah, mengeluarkan fatwa, menjawab pertanyaan, dan memberikan kesempatan bagi orang berkomunikasi dengan ulama dari jarak jauh.

Robot itu bergerak dengan empat roda, memiliki layar sentuh 21 inci, dan dilengkapi dengan sistem penghentian cerdas yang memungkinkan robot dipindahkan dengan cara mudah dan lancar.

Robot juga memiliki kamera beresolusi tinggi yang memberikan kejelasan mentransmisikan gambar, headphone resolusi tinggi, dan mikrofon berkualitas tangkapan tinggi yang memungkinkan transmisi suara yang jernih.

Selain itu, robot juga bekerja pada sistem jaringan nirkabel Wi-Fi dengan kecepatan 5 GHz yang memungkinkan transmisi data yang cepat dan tinggi.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close