Canda Yudo Jamin Sinergi TNI-Polri lantaran Istrinya Polisi

Nusantaratv.com - 02 Desember 2022

Laksamana Yudo Margono bersama Kapolri dan KSAD. (Antara)
Laksamana Yudo Margono bersama Kapolri dan KSAD. (Antara)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Laksamana Yudo Margono sudah disetujui menjadi calon Panglima TNI oleh Komisi I DPR. Candaan soal sinergitas TNI dan Polri pun dilontarkan Laksamana Yudo kala menjalani uji kelayakan dan kepatutan atau fit dan proper test di Komisi I DPR.

Gurauan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono yakni menyatakan telah bersinergi dengan Polri sejak tahun 1991, karena istrinya merupakan anggota kepolisian.

Yudo bicara mengenai soliditas dan sinergitas TNI dan Polri. Yudo lalu menunjukkan foto kebersamaannya dengan sang istri yang terlihat mengenakan seragam Polri dan menyatakan bahwa sinergitasnya dengan Polri tidak perlu diragukan lagi.

"Sinergitas TNI dengan Polri dalam perisai kamtibmas. Mohon izin ibu, bapak, ini ada foto sinergitas TNI dan Polri. Saya kira tidak perlu," ujar Yudo yang disambut tepuk tangan anggota Komisi I DPR RI, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (2/12/2022).

Yudo menyebutkan, sejak tahun 1991 dirinya sudah bersinergi dengan Polri, jauh sebelum hal itu didengungkan. Sebab, kata Yudo, istrinya adalah anggota Polri.

"Jadi saya kira tidak perlu diragukan lagi, karena sejak tahun 91, kami justru sudah bersinergi. Jadi sinergitas TNI Polri itu baru didengungkan waktu itu tahun-tahun 2012, 2015 kalau nggak salah. Tapi waktu itu saya sudah sampaikan, sudah men-declare, bahwa saya sudah solid. 'Loh kenapa Pak Yudo kok solid? Lha ini istri saya saja Polri pak. Terima kasih," kata Yudo yang disambut tawa anggota dewan.

Mengutip YouTube TNI Angkatan Laut, istri Yudo bernama Veronica Yulis Prihayati. Ia diketahui sebagai polwan berpangkat ajun komisaris besar polisi (AKBP). Ia saat ini bertugas di Baharkam Mabes Polri.

Vero lahir di Yogyakarta, Jawa Tengah. Namun, ia menghabiskan masa kecilnya dan tumbuh di Kertosono, Jawa Timur. Vero menikah dengan Yudo pada 21 Oktober 1991. Hingga saat ini keduanya telah dikaruniai tiga putra.

Kendati sehari-hari sibuk dengan berbagai tugas sebagai polisi, ia juga aktif dalam membina persatuan istri-istri tentara di TNI Angkatan Laut, yaitu Jalasenstri, sejak 20 Mei 2020 hingga kini.

Di sana ia aktif memberikan pelatihan keterampilan dan usaha mikro kecil menengah (UMKM) kepada para anggotanya. Vero juga menjadi ibu asuh para Taruna AAL serta menjadi Ibu Catraratnaggadi Jalakanyasena.

Dalam proses fit and proper test, Yudo ditemani kepala staf lainnya dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Jenderal Sigit menyampaikan bahwa kehadiran dirinya menemani Laksamana Yudo menjalani fit and proper test sebagai bentuk sinergi dan soliditas TNI-Polri.

"Bapak Presiden sudah menyampaikan berulang-ulang bahwa TNI-Polri harus selalu solid dan sinergi. Tentunya amanah dan pesan dari Pak Presiden tersebut selalu kita jaga. Hari ini menjadi salah satu kegiatan bukti dari TNI-Polri solid dan bersama Kepala Staf yang lain mengantar Bapak KSAL Laksamana Yudo Margono untuk mengikuti tes fit and proper," kata Sigit dalam keterangannya, Jumat (2/12/2022).

Lebih lanjut, Sigit menyampaikan semua keluarga besar Polri di seluruh Tanah Air mendoakan seluruh perjalanan Laksamana Yudo lancar sampai pelantikan sebagai Panglima TNI.

Sigit menegaskan bahwa sinergi dan soliditas sangat penting, apalagi saat ini memasuki tahun politik, sehingga stabilitas kamtibmas, keamanan masyarakat, keamanan negara, kedaulatan negara, dan kedaulatan pemerintah menjadi penting.

"Ini akan membawa dampak stabilitas politik terkendali dan ini menjadi modal bagi Indonesia untuk menghadapi situasi global yang penuh dengan ketidakpastian. Dengan semangat soliditas dan sinergitas yang ada, kita harapkan Indonesia akan menjadi lebih baik," katanya.

Ia pun yakin Laksamana Yudo menjadi sosok yang pantas dan berkompeten menjadi Panglima TNI. Ia pun berharap ke depan, setelah dilantik menjadi Panglima TNI, Laksamana Yudo bisa meningkatkan sinergi dan soliditas TNI-Polri.

"Setelah dilantik beliau punya program-program. Tupoksi masing-masing sudah ada. Ada kegiatan bersama yang kita tingkatkan dan ini menjadi komitmen kita untuk diperbaiki pada setiap event, dimana TNI-Polri dibutuhkan bersama. Dengan sinergitas TNI-Polri ini ditunggu masyarakat dan kita tunjukkan TNI-Polri menjaga dan mengawal masyarakat, bangsa dan negara," tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])