BWS-Pemkab Mukomuko Tanam Pohon Untuk Penghijauan

Nusantaratv.com - 16 November 2022

BWS-Pemkab Mukomuko tanam pohon di Danau Nibung, Rabu (16/11/2022) ANTARA/HO-Istimewa.
BWS-Pemkab Mukomuko tanam pohon di Danau Nibung, Rabu (16/11/2022) ANTARA/HO-Istimewa.

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, bersama Balai Wilayah Sungai Sumatera VII Bengkulu menanam sedikitnya 100 pohon bernilai ekonomis untuk penghijauan lingkungan di Danau Nibung dan Kantor UPTD Pengairan Lubuk Gedang.

Penanaman pohon jenis kayu-kayuan dan buah-buahan di dua lokasi di Kabupaten Mukomuko ini merupakan kegiatan Kementerian Pekerjaan Umum dan Permukiman Rakyat melalui Gerakan Nasional Kemitraan Penyelamat Air (GNKPA).

Wakil Bupati Mukomuko Wasri di Mukomuko, Rabu, menyatakan dukungan terhadap kegiatan ini dengan mengajak masyarakat menjaga pohon yang telah ditanam di kawasan Danau Nibung dan Kantor UPTD Pengairan Lubuk Gedang.
 
Kegiatan Kementerian Pekerjaan Umum dan Permukiman Rakyat di daerah ini selain penanaman ratusan pohon juga penaburan 2.000 benih ikan nila di Danau Nibung.
 
Ia optimistis manfaat penghijauan lingkungan untuk masyarakat di daerah ini karena dengan banyak pohon di sempadan Danau Nibung dapat menjamin ketersediaan air di daerah ini.

"Dampaknya jangka panjang untuk menjaga ketersediaan air di daerah ini dan dampak jangka pendek lokasi ini bisa menjadi objek wisata serta dapat meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar," ujarnya.
 
Sebelumnya, katanya, banyak pihak terkait di daerah ini melakukan penanaman pohon di Danau Nibung dengan tingkat pertumbuhan mencapai 90 persen lebih.

Ia berharap, semua pohon yang telah ditanam, baik di Danau Nibung maupun Kantor UPTD Pengairan Lubuk Gedang dapat tumbuh subur dan bermanfaat bagi lingkungan dan masyarakat sekitar.
 
Kegiatan penanaman pohon di kawasan ini selain dilakukan oleh pemerintah setempat, juga pihak perusahaan perkebunan kelapa sawit.
 
Ia menyampaikan terima kasih kepada semua pihak, termasuk Balai Wilayah Sungai Sumatera VII, yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan di daerah ini.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close