Bus Sekolah Mura Mantab Mangkrak

Nusantaratv.com - 06/10/2022 14:29

Bus sekolah Mura Mantap.
Bus sekolah Mura Mantap.

Penulis: Nofi Ardiyanto | Editor: Supriyanto

Nusantaratv.com - Kurangnya perhatian pemerintah kabupaten Musi Rawas pada dunia pendidikan khususnya pada transportasi pendidikan berupa bus angkutan para siswa-siswi untuk menuju sekolah nampak dari tidak lagi berfungsinya Bus Sekolah di Musi Rawas.

Berdalih keterbatasan anggaran di ruang lingkup Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Musi Rawas serta ditambah dampak dari kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM), membuat 10 unit kendaraan roda empat berjenis Bus bantuan operasional sekolah tersebut dihentikan operasionalnya.

Sebelumnya beroperasi guna mengangkut siswa dan siswi yang ada di wilayah Kecamatan Muara Lakitan, Muara Kelingi, Tuah negeri, BTS Ulu Cecar, Sumber Harta, Jayaloka, STL Ulu Terawas, Selangit, Megang Sakti dan Kecamatan Tugumulyo.

Kepala Pelaksana Tugas Dinas Pendidikan (Plt Kadisdik) Hj Hayatun melalui Sekretarisnya Supriyadi (6/10/2022) membenarkan jika 10 unit bus bantuan operasional sekolah itu,untuk saat ini tidak berjalan dan belum difungsikan.

Guna mengangkut anak-anak dari rumah atau tempat tinggal menuju ke sekolah, kendalanya saat ini pertama persoalan dana operasionalnya belum tersedia.

”Sebab sejak ditentukan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) induk hingga APBD-Perubahan di tahun 2022 ini,dana operasional bus sekolah belum ada sehingga 10 unit bus bantuan operasional sekolah belum bisa dimanfaatkan,” kata Supri.

Ia menjelaskan di tahun-tahun sebelumnya 10 unit bus bantuan operasional sekolah itu,memiliki anggaran tersendiri karena mulai dari BBM hingga gaji driver bus operasional sekolah dan dana operasionalnya ada.

Namun sejak tahun 2021 hingga 2022 bus bantuan operasional sekolah ini dihentikan operasionalnya karena ketiadaan anggaran. Sehingga 10 bus tersebut terkesan mangkrak.

Sebab jika bus operasional sekolah itu akan di manfaatkan,yang paling utama dana operasionalnya kemudian dana BBM hingga gaji driver bus sekolah.

”Apabila dana operasionalnya hingga gaji driver bus bantuan operasional sekolah belum juga tersedia di tahun 2023 mendatang,maka bus operasional sekolah belum juga bisa dimanfaatkan,”jelas Supri.

Dia mengharapkan guna mewujudkan visi dan misi Bupati maupun Wakil Bupati Mura yang Maju Mandiri dan Bermartabat (Mantab), mudah-mudahan bus operasional sekolah itu bisa dimanfaatkan.

” Dan bisa di tepatkan pada wilayah Kecamatan masing-masing,guna mengangkut anak-anak dari rumah menuju ke sekolah,” harap Supri.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in