Bupati Minta Karang Taruna Optimalkan Peran Pemuda Dalam Pembangunan

Nusantaratv.com - 16 Januari 2023

Bupati Katingan, Sakariyas. (ANTARA/Fernando Rajagukguk)
Bupati Katingan, Sakariyas. (ANTARA/Fernando Rajagukguk)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Bupati Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Sakariyas meminta pengurus Karang Taruna daerah setempat mengoptimalkan peran generasi muda untuk terlibat aktif dalam pembangunan.

"Karang Taruna memiliki peran dalam pembangunan masyarakat, terutama pada peningkatan potensi dan peran aktif generasi muda dalam pembangunan di bidang kesejahteraan sosial," kata Bupati Katingan, Sakariyas di Kasongan, Senin.

Dia mengatakan, sebagai organisasi kepemudaan yang hidup dan berkembang di tengah masyarakat, Karang Taruna menjadi wadah pengembangan warga yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran serta rasa tanggung jawab, dari, oleh dan untuk masyarakat khususnya generasi muda atau komunitas sosial sederajat.

"Dengan demikian diharapkan mampu mengembangkan serta mencarikan solusi terhadap setiap permasalahan kesejahteraan sosial, perekonomian, serta penguatan integritas dan moral anak bangsa," kata Sakariyas.

Karang Taruna juga memiliki peran penting kontrol sosial terhadap pelaksanaan program pembangunan pemerintah. Organisasi ini bisa memberikan masukan, saran dan kritikan serta solusi dari berbagai permasalahan kesejahteraan sosial.

“Karang Taruna merupakan mitra dari pemerintah yang bisa menjadi kontrol sosial. Tentunya dapat menjadi mata dan telinga pemerintah terhadap berbagai informasi pembangunan,” katanya.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Kabupaten Katingan masa bakti 2022-2026, Yudea Pratidina menjelaskan visi program kerja jajarannya adalah terwujudnya pemuda profesional mandiri yang berwawasan kebangsaan dan memiliki etos kerja serta mampu bersaing dalam mengisi pembangunan kabupaten Katingan, bangsa dan negara Indonesia dalam kompetisi global.

Misinya adalah melaksanakan aktivitas untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas intelektual, moralitas dan keterampilan warga Karang Taruna sehingga memiliki daya saing dalam menghadapi percaturan global.

Menciptakan ruang yang kondusif bagi warga karang taruna untuk dapat berkompetisi secara sehat, dengan menjunjung nilai-nilai kejujuran, objektivitas dan berkeadilan.

Memelihara sikap dan integritas yang berwawasan kebangsaan untuk memelihara kehidupan berbangsa dalam keberagaman untuk persatuan, guna terciptanya ketahanan nasional yang mampu menjamin kesinambungan perjuangan dan pembangunan nasional.

Merekatkan komunikasi antar organisasi kepemudaan sebagai entitas warga karang taruna, untuk mewujudkan persaudaraan kebangsaan dan patriotisme.

"Dalam melaksanakan visi misinya, jajaran pengurus Karang Taruna Katingan dituntut senantiasa berpegang teguh pada nilai-nilai pokok moralitas, integritas, demokratis, kepeloporan, pembaharuan, kesetiakawanan dan semangat kedaerahan dan kebangsaan," kata Yudea Pratidina.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])