Bupati Manggarai Bersama Dirut Bank NTT Panen Perdana Jagung Hasil Program TJPS di Satar Mese Utara

Nusantaratv.com - 30 Agustus 2022

Bupati Manggarai Herybertus GL Nabit bersama Direktur utama Bank NTT, Haryy A. Riwu Kaho saat melakukan panen perdana jagung di Desa Nao Kecamatan Satarmese Utara, Kabupaten Manggarai. Foto (Istimewa)
Bupati Manggarai Herybertus GL Nabit bersama Direktur utama Bank NTT, Haryy A. Riwu Kaho saat melakukan panen perdana jagung di Desa Nao Kecamatan Satarmese Utara, Kabupaten Manggarai. Foto (Istimewa)

Penulis: Gabrin | Editor: Supriyanto

Nusantaratv.com - Bupati Manggarai Herybertus GL Nabit bersama Direktur utama Bank NTT, Haryy A. Riwu Kaho, melakukan panen perdana jagung di Desa Nao Kecamatan Satarmese Utara, Kabupaten Manggarai pada Senin,(29/08/2022).

Direktur utama Bank NTT, Haryy A. Riwu Kaho kepada awak media menyampaikan panen raya TJPS di Desa Nao membuktikan bahwa kerja selama ini sudah dijalankan secara sungguh-sungguh sebagai salah satu cara untuk membangkitkan NTT dari ketertinggalan baik sisi ekonomi maupun kesejahteraan.

"Seperti yang kita saksikan langsung hari ini dimana pada panen perdana dengan hasil empat setengah ton. Empat setengah ton ini kalau dikali 3000 rupiah satu kilogram (Kg), penjualan dan hasil uangnya 12 juta rupiah,"ujarnya.

Dirinya menyampaikan untuk mendukung para petani dalam ekosistem Program TJPS Bank NTT menyiapkan skim kredit merdeka. Skim merdeka dari agunan bunga dan rentenir. Dengan plafon Rp10 juta tentu saja bisa memenuhi proses tanam satu hektare.

Karena kalau dilihat dari sisi kewajiban modal plafon Rp10 juta sudah bisa teratasi dengan penghasilan lahan 1 Hektar yang menghasilkan 12 juta.

Sedangkan keuntungan Rp2 juta lanjut dia bisa dikembangkan lagi untuk program TJPS dan berharap agar modal Rp2 juta itu bisa digunakan untuk perbaikan-perbaikan persyaratan cara tanam, bibit, pupuk dan pemeliharaan yang tepat.

Ia pun menjelaskan untuk musim tanam Oktober Maret pihaknya menargetkan 6000 hektare lahan dan sebagai bank daerah pihaknya siap untuk membiayai itu semua.

Bupati Manggarai, Herybertus GL Nabit dalam kesempatan tersebut menyampaikan apresiasi kepada masyarakat, Pemerintah Desa Nao, serta Pemerintah Kecamatan Satar Mese Utara karena telah bersedia menjadikan salah satu lahannya untuk uji coba program tanam jagung pola kemitraan ini. 

"Terima kasih kepada warga masyarakat Desa Nao beserta Camat Satar Mese Utara dan Kepala Desa Nao yang bersedia melakukan uji coba. Karena uji coba maka awal memang kita tahu agak sulit berproses, tapi karena keterbukaan kita semua, maka kita bisa panen hari ini," ucap Bupati Hery.

Program TJPS dilaksanakan dengan keterlibatan masyarakat, pemerintah level provinsi hingga desa. Selain itu, program ini juga melibatkan pihak bank (Bank NTT) serta mitra lain seperti penyuluh dan off taker.

Dirinya menegaskan bahwa melalui program ini, Manggarai melakukan uji coba kecocokan lahan, uji coba pola kemitraan, serta uji coba komoditas. Keberhasilan program ini akan menentukan pengembangan pemanfaatan lahan, pola kerja sama, serta komoditas yang harapannya meningkatkan produk pertanian serta kesejahteraan masyarakat Manggarai.

Turut hadir dalam panen perdana program Tanam Jagung Panen Sapi (TJPS) itu diantaranya Staf Khusus Gubernur NTT, Pius Rengka, Kepala Dinas Pertanian, Prov. NTT Lucky Oli, Kepala Biro Pembangunan Setda Kantor Gubernur NTT, pimpinan Bank NTT Cabang Ruteng, Jemmi Romi D. Radjalangu, Dandim 1612 Manggarai, Wakapolres Manggarai,para pimpinan OPD, Camat Satar Mese Utara, Kepala Desa Nao, Para Petani dan Tamu undangan lainnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close