Bupati Manggarai Barat Minta BUMDes Bantu Pengelolaan Sampah

Nusantaratv.com - 13 Desember 2022

Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi. (ANTARA/HO-Dinas Kominfo Manggarai Barat)
Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi. (ANTARA/HO-Dinas Kominfo Manggarai Barat)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi meminta badan usaha milik desa atau BUMDes membantu pengelolaan sampah di wilayah masing-masing.

"BUMDes dan bank sampah bisa berkoordinasi untuk pengelolaan sampah," kata Bupati di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Selasa.

Menurut dia, BUMDes dapat mendampingi warga untuk memilah sampah organik dan anorganik kemudian mengolahnya menjadi produk bernilai ekonomi.

Selain itu, ia mengatakan, BUMDes dapat membantu pelaksanaan sosialisasi mengenai pentingnya pemilahan sampah rumah tangga serta mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam upaya penanganan sampah.

Bupati juga mengemukakan bahwa pemerintah desa bisa memanfaatkan sebagian dari dana desa untuk membiayai usaha pengelolaan dan penanganan sampah.

Dia mendorong para camat, lurah, dan kepala desa menyosialisasikan penanganan sampah mulai dari rumah tangga serta mengimbau warga mendukung penanganan sampah.

Bupati menekankan pentingnya pemeliharaan kebersihan lingkungan penting untuk mencegah banjir serta penularan penyakit.

"Oleh karena itu, harus ada partisipasi aktif kita semua, baik BUMDes, bank sampah, aparat desa, hingga masyarakat terkait dengan pengelolaan sampah di daerah kita," katanya.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])