Bupati Bandung Pastikan Akan Beri Bantuan Pada Peternak Sapi Yang Terdampak PMK

Nusantaratv.com - 09 Juni 2022

Bupati Bandung Dadang Supriatna tinju sapi yang terpapar PMK, foto: Saifal Ode
Bupati Bandung Dadang Supriatna tinju sapi yang terpapar PMK, foto: Saifal Ode

Penulis: Saifal Ode

Nusantaratv.com - Bupati Bandung Dadang Supriatna meninjau langsung tempat peternakan sapi yang terpapar Penyakit Kuku Dan Mulut atau PMK di kawasan Pangalengan Kabupaten Bandung Jawa Barat pada Kamis, (9/6/22).

Bupati Bandung telah memerintahkan Kadis pertanian untuk segera melakukan langkah-langkah antisipasi agar penyakit PMK pada hewan ternak sapi ini tidak meluas.

"Saya sudah memerintahkan kepada pak kadis pertanian untuk segera melakukan langkah-langkah dan rakor bagaimana antisipasinya," kata Bupati Bandung Dadang Supriatna.

Menurut Bupati Bandung, Kejadian ini harus segera diantisipasi paling tidak harus ada vaksin terhadap sapi yang terpapar virus PMK.

"Karena walau bagaimanapun ini kan virus yg tidak bisa kelihatan secara fisik dan harus segera dilakukan vaksinasi.tentu dalam waktu dekat kita akan mempersiapkan pelaksanaan vaksinasi untuk sapi, salah satu contoh barusan ada sapi yg udah lemes karena penyakit dan akhirnya para peternak memilih untuk dipotong," ujar bupati Bandung.

Akibat Kejadian ini banyak para peternak sapi yang menjual sapinya dengan harga murah, hingga akhirnya para peternak sapi ini merugi.

Bupati Bandung memastikan pemerintahan akan hadir untuk menanggulangi persoalan penyakit PMK pada hewan ternak sapi ini.

"Banyak peternak yang menjual dengan harga murah, ini kan salah satu persoalan yg harus kita sikapi, tapi kalau ada petani yg sudah pasrah, prinsipnya pemerintah nanti akan hadir," ujarnya.

Persoalan ini akan disampaikan pada pemerintah pusat, bahkan pemerintah Kabupaten Bandung akan menggunakan anggaran Belanja Tak Terduga, (BTT).

"Nanti kita akan sampaikan pada pemerintah pusat dan melakukan rakor segera sehingga akan menggunakan dana BTT atau seperti apa," paparnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close