Buntut Kecelakaan Maut KM58, Korlantas Bakal Gunakan Formula Baru untuk Arus Balik Lebaran

Nusantaratv.com - 09 April 2024

Kakorlantas Polri, Irjen Aan Suhanan/ist
Kakorlantas Polri, Irjen Aan Suhanan/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri berencana menerapkan formula baru pengganti contraflow untuk kelancaran dan keselamatan para pemudik saat arus balik Lebaran 2024. 

Langkah ini dilakukan sebagai bagian dari evaluasi terhadap kecelakaan maut di ruas Tol Jakarta-Cikampek KM 58+600 arah Jakarta pada masa mudik Lebaran 2024. 

"Dari kejadian tadi kita evaluasi ya, kita evaluasi," ujar Kakorlantas Polri, Irjen Aan Suhanan, Senin (8/4/2024).

Aan menerangkan kebijakan relaksasi contraflow diterapkan untuk mengakomodir kendaraan yang berasal dari arah Bandung.

"Waktu itu dua ribu sekian itu sempat rame akhirnya kita relaksasi contraflow. Kenapa contraflow, karena jarak dari (KM) 47 ke 70 ini dianggap jarak yang memungkinkan 22 kilo, ini masih memungkinkan," jelas Aan.

"Tadi ada yang bertanya rest area seperti apa itu setelah 70 masih ada rest area, ada di 86, 102 dan sebagainya," imbuhnya.

Ia memastikan akan mengevaluasi penerapan skema lalu lintas itu. Ada kemungkinan untuk menggunakan formula baru dalam mengawal kelancaran lalu lintas pada arus balik nantinya.

"Kita akan evaluasi dengan kejadian tadi, nanti pada arus balik, mungkin ada formula baru nanti akan kita bicarakan dengan seluruh stakeholeder yang ada. Tentu semuanya ini untuk keselamatan dan kelancaran," pungkas Aan, mengutip detikcom.

Diketahui, pada Senin (8/4/2024) terjadi kecelakaan maut di jalur contraflow Km 58 Tol Jakarta-Cikampek. Insiden ini melibatkan tiga kendaraan yang terdiri dari dua mobil dan satu bus.

Kecelakaan tragis ini mengakibatkan 12 orang meninggal dunia

 

 

.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close