Bunda Literasi Dukung Transformasi Literasi Berbasis Inklusi Sosial di NTB

Nusantaratv.com - 12 Agustus 2022

Bunda Literasi Provinsi NTB, Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah. Foto (Istimewa)
Bunda Literasi Provinsi NTB, Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah. Foto (Istimewa)

Penulis: Gabrin | Editor: Supriyanto

Nusantaratv.com - Bunda Literasi Nusa Tenggara Barat, Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah mendukung transformasi literasi berbasis inklusi sosial di Provinsi NTB.

Hal tersebut disampaikan Niken saat membuka sekaligus mengikuti acara Stake Holder Meeting (SHM) Provinsi NTB dengan tema Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial tahun 2022, di Hotel Aston Mataram (11/8/2022).

Niken juga meminta seluruh pihak bersinergi dan berkolaborasi untuk mempercepat transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial. Khususnya para relawan literasi yang banyak tesebar di berbagai desa di NTB untuk lebih diperhatikan. 

Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial sendiri merupakan perubahan inovasi dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia bertujuan untuk penguatan literasi masyarakat dan pemerataan informasi, untuk peningkatan kesejahteraan.

"Salah satu tugas kita adalah memetakan relawan literasi dan mesinergikan untuk sama-sama mempercepat transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial di NTB," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah-Daerah Provinsi NTB, Tri Budi Prayitno, memaparkan, dengan mentransformasikan perpusatakan berbasis inklusi sosial, maka tak hanya dapat mencerdaskan masyarakat tetapi juga mensejahterakannya. 

Prayitno berharap, perpustakaan aktif tak hanya menyediakan buku berkualitas namun juga aktif memberdayakan UMKM di desa setempat.

"Bertransformasi berbasis inklusi sosial bisa menggerakkan ekonomi yang lain juga," tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close