Bulog OKU pastikan stok beras aman hingga awal 2023

Nusantaratv.com - 18 November 2022

Kepala Bulog OKU, Julkhaidar Romadhon. (ANTARA/Edo Purmana/22)
Kepala Bulog OKU, Julkhaidar Romadhon. (ANTARA/Edo Purmana/22)

Penulis: Alber Laia

Nusantaratv.com - Kepala Bulog Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, Julkhaidar Romadhon memastikan stok beras di wilayah kerjanya aman hingga awal tahun 2023.

"Dapat dipastikan persediaan beras di bulog untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Kabupaten OKU aman hingga akhir Januari 2023," kata Kepala Bulog OKU, Julkhaidar Romadhon di Baturaja, Jumat.

Dia mengemukakan, saat ini stok beras di gudang Bulog OKU yang terletak di Kecamatan Martapura tercatat ada sebanyak 1.500 ton.

Jumlah tersebut lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan beras bagi masyarakat di kabupaten setempat yang jumlahnya hanya sekitar 300 ton per bulan.

Menurut Jul, meskipun saat ini masa panen sudah hampir habis namun, sesuai arahan dari pemerintah pusat, Bulog OKU terus melakukan penyerapan dari petani atau mitra bulog (penggilingan padi).

Penyerapan beras yang baru diserap dari petani itu sebanyak 150 ton dengan harga dari mitra sekitar Rp9.600/kilogram (Kg).

"Penyerapan beras ini tetap kami lakukan, namun untuk sementara baru dari petani atau mitra penggilingan di OKU Timur karena di OKU belum masa panen," ujarnya.

Untuk harga beras di pasaran, Jul mengaku di Kabupaten OKU masih relatif stabil dan tidak ada gejolak dari pedagang di wilayah itu.

Disebutkannya, untuk Harga Eceran Tertinggi (HET) beras medium kisaran Rp9450/Kg, sedangkan harga beras premium Rp12.850/Kg.

"Untuk mengantisipasi lonjakan harga di pasaran kami selalu berkoordinasi dengan pemerintah daerah khususnya Disperindag OKU. Jika pun nantinya terjadi kekurangan maka kami akan meminta suplai dari daerah yang surplus," ujar dia.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close