Bulan Depan, Finlandia dan Swedia Siap Ajukan Keanggotaan NATO

Nusantaratv.com - 26 April 2022

Ilustrasi bendera NATO. (Istimewa)
Ilustrasi bendera NATO. (Istimewa)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Finlandia dan Swedia secara bersama-sama akan segera mengajukan keanggotaan NATO pada Mei mendatang.

Surat kabar Swedia, Expressen, dan surat kabar Finlandia, Iltalehti, pada Senin (25/4/2022) melaporkan kedua negara tersebut akan mendaftarkan diri sebagai anggota NATO pada 16 hingga 20 Mei.

Kendati mempererat kerja sama dengan aliansi militer sejak Rusia mencaplok Krimea pada 2014, namun negara-negara Nordik memilih untuk tidak turut campur, seperti dikutip dari Reuters, Selasa (26/4/2022).

Invasi Rusia ke Ukraina, yang disebutnya sebagai 'operasi khusus', telah memaksa Swedia dan Finlandia melakukan evaluasi apakah netralitas militer mereka yang sudah berlangsung lama masih merupakan cara terbaik untuk memastikan keamanan nasional.

Menurut Iltalehti, para pemimpin Finlandia dan Swedia berencana bertemu pada Minggu (16/5/2022) dan setelah itu secara terbuka mengumumkan rencana mereka untuk mendaftar sebagai anggota NATO.

Menteri Luar Negeri Finlandia Pekka Haavisto menolak berkomentar, tetapi mengulangi pandangannya yang sudah lama jika dia lebih suka Finlandia dan Swedia membuat pilihan yang sama.

Harian Swedia Aftonbladet melaporkan secara terpisah, mengutip sumber-sumber yang dekat dengan kantor-kantor pemerintah Swedia, jika Amerika Serikat (AS) dan Inggris telah berjanji kepada Swedia untuk meningkatkan kehadiran militer, latihan militer yang lebih mendalam dan dukungan 'politik yang kuat' dari negara-negara NATO selama kemungkinan proses pengajuan keanggotaan NATO.

Kementerian Luar Negeri Swedia menolak mengomentari laporan Expressen dan Aftonbladet. Perdana Menteri Finlandia Sanna Marin mengatakan dua pekan lalu, saat mengunjungi rekannya dari Swedia Magdalena Andersson, jika dia mengharapkan Finlandia untuk membuat keputusan apakah akan mengajukan keanggotaan NATO dalam beberapa pekan.

Stockholm sedang melakukan tinjauan kebijakan keamanan, yang mencakup pandangan tentang kemungkinan menjadi anggota NATO, dengan hasil yang akan jatuh tempo pada pertengahan Mei. Secara terpisah, Sosial Demokrat yang berkuasa di Swedia juga meninjau keberatan lama mereka terhadap keanggotaan NATO. Dan, hal ini diharapkan paling lambat pada 24 Mei. (Rafli Dwidani)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close