Bukan Cuma TNI-Polri, Jokowi: BIN Juga Harus Netral!

Nusantaratv.com - 07 Februari 2024

Presiden Jokowi (kiri) dan Kepala BIN Jenderal (Purn) Budi Gunawan. (Antara)
Presiden Jokowi (kiri) dan Kepala BIN Jenderal (Purn) Budi Gunawan. (Antara)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta aparatur negara untuk menjaga netralitas di Pemilu 2024. Hal ini bukan hanya berlaku bagi TNI-Polri, tapi juga Badan Intelijen Negara (BIN). 

"Saya ingin menegaskan kembali bahwa ASN, TNI, Polri termasuk BIN harus netral dan menjaga kedaulatan rakyat," ujar Jokowi dalam keterangan persnya di Sumatera Utara, dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (7/2/2024). 

Ia pun juga meminta penyelenggara Pemilu profesional dalam menjalankan tugasnya. Sehingga kedaulatan rakyat bisa benar-benar dihasilkan dalam Pemilu 2024. 

"KPU, Bawaslu dan seluruh jajaran sampai di daerah juga harus profesional dan memastikan integritas pemilu supaya suara rakyat benar-benar berdaulat," kata dia.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga berharap semua pihak dapat menjaga suasana Pemilu damai, jujur, dan adil. Ia meminta masyarakat menghargai apa pun hasil Pemilu kelak.

"Kita semua harus menjaga pemilu yang damai yang jujur dan adil, menghargai hasil pemilu dan bersatu padu kembali untuk membangun Indonesia," jelas dia.

Mantan Wali Kota Surakarta juga mengajak masyarakat untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada 14 Februari, serta menggunakan hak pilih sesuai kehendak. 

"Ya saya menghimbau, saya mengajak kepada seluruh masyarakat agar menggunakan hak pilihnya, datang ke TPS memberikan suara sesuai dengan pilihannya," tandasnya. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close