Buka Rakornas KPRK MUI 2022, Wapres Ajak Kaum Perempuan Jadi Pionir dan Pemrakarsa Kebaikan

Nusantaratv.com - 26 Maret 2022

Wapres KH Ma'ruf Amin. (Setwapres)
Wapres KH Ma'ruf Amin. (Setwapres)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Komisi Perempuan, Remaja, dan Keluarga (PRK) Majelis Ulama Indonesia (MUI) 2022, di Jakarta, Sabtu (26/3/2022). 

Dalam Rakornas Komisi PRK MUI 2022 yang bertajuk "Optimalisasi Kepemimpinan Perempuan untuk Kemaslahatan Umat dan Bangsa Menyongsong Masyarakat 5.0" itu, Wapres KH Ma'ruf Amin mengajak kaum perempuan agar mampu menjadi pionir atau pemrakarsa kebaikan. 

Selain itu, kata di, kaum perempuan juga harus aktif berkontribusi menyampaikan gagasan guna kemajuan bangsa. "Saya mengajak perempuan untuk mampu menjadi pionir atau pemrakarsa kebaikan. Kunci peradaban sebuah bangsa terletak pada perempuan dan dimulai dari lingkup terkecil, yaitu keluarga," ujar Wapres KH Ma'ruf Amin, di Jakarta, Sabtu (26/3/2022).

Menyongsong era masyarakat 5.0, ungkap suami dari Wury Estu Handayani itu, seluruh elemen diharapkan siap menghadapi tantangan dan permasalahan sosial dengan memanfaatkan berbagai inovasi.

Dengan demikian, Wapres KH Ma'ruf Amin meminta kaum perempuan harus bisa mengambil peran strategis secara aktif melalui kontribusi pemikiran, gagasan, dan pandangan terhadap pembangunan bangsa sesuai dengan kepekaan dan kecerdasan sosial yang menjadi kekuatan perempuan.

"Perempuan harus memberdayakan potensi diri dan meningkatkan kualitas diri sehingga melahirkan kreativitas, inovasi, dan pemikiran konstruktif dalam perspektif kesetaraan gender di semua lini kehidupan masyarakat," ungkapnya.

Ditegaskan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) periode 2015-2020 itu, kehadiran pemimpin perempuan dalam berbagai sektor pembangunan layak diperhitungkan, terlebih dalam pembangunan karakter bangsa.

Semua pihak, kata Wapres KH Ma'ruf Amin, harus terus mendorong agar semakin banyak perempuan Indonesia menempati posisi strategis dan berprestasi di tingkat nasional maupun global. Dia berharap Rakornas ini dapat menghasilkan pemikiran dan rekomendasi kebijakan yang berkualitas untuk kemajuan internal MUI, maupun bagi bangsa dan negara.

Diketahui, Rakornas Komisi PRK MUI 2022 berlangsung pada 26-27 Maret. Dalam kesempatan itu, juga digelar seminar dengan tema "Pengarusutamaan Kepemimpinan Perempuan untuk Kemaslahatan Umat dan Bangsa", serta launching buku "Kepemimpinan Perempuan dalam Islam Ditinjau dari berbagai Perspektif".
 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close