Buka Pintu Darurat Pesawat Asiana Airlines Sebelum Mendarat, Pelaku Ngaku Stres

Nusantaratv.com - 27 Mei 2023

Pria yang membuka pintu pesawat Asiana Airlines mengaku tertekan karena baru saja kehilangan pekerjaan. (Yonhap)
Pria yang membuka pintu pesawat Asiana Airlines mengaku tertekan karena baru saja kehilangan pekerjaan. (Yonhap)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Seorang penumpang pesawat Asiana Airlines mengaku kepada polisi jika dirinya membuka pintu pesawat beberapa menit sebelum mendarat di Daegu, Korea Selatan (Korsel), pada Jumat (26/5/2023), karena merasa tidak nyaman'.

Hal itu seperti dilansir Reuters, Sabtu (27/5/2023), mengutip Yonhap. Pria berusia 30-an itu mengaku, dia membuka pintu karena ingin cepat-cepat turun dari pesawat, menurut Yonhap mengutip petugas Polisi wilayah Dongbu di Daegu. 

Dia juga mengaku dirinya dalam kondisi stres atau tertekan karena baru saja kehilangan pekerjaan. Reuters belum dapat menghubungi pihak kepolisian guna dimintai komentar.

Pria berusia 30-an itu mengaku, dia membuka pintu karena ingin cepat-cepat turun dari pesawat. (Yonhap)

Ketika pesawat masih di atas dengan ketinggian 213 meter dari daratan, pria tersebut tiba-tiba menarik tuas untuk membuka pintu, sontak hal tersebut menimbulkan kepanikan.

Akibatnya, sembilan penumpang dibawa ke rumah sakit karena mengalami gangguan pernapasan. Dan, mereka sudah diperbolehkan meninggalkan rumah sakit setelah dirawat sekitar dua jam. Pihak kepolisian mengatakan jika mereka bakal menahan pria tersebut setelah selesai melakukan penyelidikan.

Jin Seong-hyun, mantan pejabat keselamatan kabin Korean Air, mengatakan sejauh yang dia ketahui, insiden tersebut belum pernah terjadi sebelumnya, karena penumpang hanya bisa membuka pintu darurat tanpa diketahui pihak berwenang saat pesawat masih di darat.

Sementara itu, seorang pejabat kementerian perhubungan Korea Selatan pada Jumat (26/5/2023) mengatakan pintu darurat tersebut bisa terbuka karena tekanan di dalam dan di luar pesawat hampir sama pada saat itu.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])