BPJAMSOSTEK Tanggung Biaya Perawatan Atlet Pekan Olahraga Sawahlunto

Nusantaratv.com - 17 November 2022

Kepala BPJS Ketenagakerjaan atau BPJAMSOSTEK Cabang Solok Maulana Anshari Siregar menyerahkan secara simbolis kartu kepesertaan program jaminan sosial ketenagakerjaan kepada perwakilan atlet Pekan Olahraga Kota Sawahlunto Tahun 2022. (ANTARA/Yudha Ahada)
Kepala BPJS Ketenagakerjaan atau BPJAMSOSTEK Cabang Solok Maulana Anshari Siregar menyerahkan secara simbolis kartu kepesertaan program jaminan sosial ketenagakerjaan kepada perwakilan atlet Pekan Olahraga Kota Sawahlunto Tahun 2022. (ANTARA/Yudha Ahada)

Penulis: Alber Laia

Nusantaratv.com - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan atau BPJAMSOSTEK menanggung seluruh biaya perawatan tiga atlet yang cedera selama Pekan Olahraga Kota Sawahlunto di Provinsi Sumatera Barat.

Tiga atlet Pekan Olahraga Kota Sawahlunto yang biaya perawatannya ditanggung oleh BPJAMSOSTEK yakni atlet kempo Afdal Yusra yang tangannya cedera, atlet karate Zacky Zufarhan yang mengalami cedera gigi, dan atlet futsal Muhammad Noval yang mengalami cedera kaki.

Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Solok Maulana Anshari Siregar saat dihubungi dari Sawahlunto, Kamis, mengatakan bahwa ketiga atlet tersebut menjalani perawatan di RSUD Sawahlunto.

Menurut dia, biaya perawatan ketiga atlet tersebut sepenuhnya ditanggung oleh BPJAMSOSTEK melalui program Jaminan Kecelakaan Kerja.

"Sesuai regulasi yang berlaku, biaya perawatan kita tanggung tanpa batasan plafon dan hari perawatan. Bahkan kemarin ada satu orang atlet yang sempat dirujuk untuk diperiksa ke RSUD Solok, itu biaya ambulans ke Solok juga kami yang membayarkan," kata dia.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Sawahlunto Muryanto mengatakan bahwa Pemerintah Kota Sawahlunto bersama KONI sudah mendaftarkan seluruh atlet dan ofisial yang terlibat dalam Pekan Olahraga Kota Sawahlunto Tahun 2022 sebagai peserta program jaminan perlindungan kecelakaan kerja BPJAMSOSTEK.

Menurut dia, total ada 562 orang atlet dan ofisial yang telah didaftarkan sebagai peserta program jaminan perlindungan sosial ketenagakerjaan.

Wali Kota Sawahlunto Deri Asta menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Sawahlunto berkomitmen melindungi seluruh atlet Pekan Olahraga Kota Sawahlunto dari risiko cedera selama pertandingan.

"Tentu kita tidak mengharapkan ada kecelakaan dalam pertandingan, namun risiko itu ada, sehingga kita mengantisipasi dengan perlindungan Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian dari BPJS Ketenagakerjaan ini," kata dia.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close