BPJAMSOSTEK Pastikan Korban Ledakan Tambang Dapat Perawatan Maksimal

Nusantaratv.com - 09 Desember 2022

Layanan Cepat Tanggap (LCT) BPJAMSOSTEK Solok di lokasi tambang batu bara PT NAL guna memastikan tenaga kerja yang sudah menjadi peserta BPJS ketenagakerjaan yang menjadi korban ledakan tambang mendapat penanganan sesuai prosedur. Antara/HO/BPJAMSOSTEK
Layanan Cepat Tanggap (LCT) BPJAMSOSTEK Solok di lokasi tambang batu bara PT NAL guna memastikan tenaga kerja yang sudah menjadi peserta BPJS ketenagakerjaan yang menjadi korban ledakan tambang mendapat penanganan sesuai prosedur. Antara/HO/BPJAMSOSTEK

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - BPJAMSOSTEK Cabang Solok memastikan tenaga kerja yang menjadi korban ledakan tambang batu bara di Kota Sawahlunto mendapatkan penanganan sesuai prosedur dan perawatan maksimal.
 
"Layanan Cepat Tanggap (LCT) BPJAMSOSTEK Solok telah berada di lokasi kejadian dan rumah sakit setelah mendapatkan informasi ledakan tambang dari media masa dan HRD PT Perusahaan Nusa Alam Lestari (PT NAL)  memastikan tenaga kerja yang menjadi korban mendapatkan perawatan terbaik," kata Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Solok, Maulana Anshari Siregar, saat di hubungi di Solok, Jumat.
 
Dia mengatakan kehadiran tim LCT bertujuan untuk memastikan proses layanan perawatan dan pengobatan di masa golden hour (masa kritis) terhadap tenaga kerja yang sudah menjadi peserta BPJAMSOSTEK diberikan secara optimal sesuai haknya.
 
PT NAL merupakan peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan Cabang Solok terhitung mulai tanggal (TMT) November 2012 dengan jumlah tenaga kerja yang terdaftar sebanyak 336 orang.

 
Negara melalui BPJAMSOSTEK hadir memberikan manfaat program kecelakaan kerja terhadap tenaga kerja yang menjadi korban.
 
Untuk percepatan pembayaran klaim kecelakaan kerja, katanya, juga segera dikoordinasikan agar manfaat segera dibayarkan kepada ahli waris baik santunan meninggal maupun beasiswa pendidikan untuk dua orang anak sampai perguruan tinggi.
 
Dia menyebutkan, sampai saat ini pihaknya menerima laporan korban 14 orang dengan 10 meninggal dunia, di mana sembilan orang diantaranya sudah berada di RSUD Sawahlunto dan satu orang belum dapat dievakuasi.
 
Sedangkan masih ada satu orang rawat jalan, satu rawat inap dan dua orang di kontainer perusahaan (faskes PT).
 
Pihaknya juga sudah melakukan koordinasi persiapan proses rujukan ke mitra Pusat Layanan Kecelakaan Kerja (PLKK) yang ada di Kota Solok, Bukittinggi dan Padang untuk perawatan terbaik jika dibutuhkan.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])