BPBD Lumajang Gerak Cepat Cari 6 Pendaki Tersesat di Gunung Lemongan

Nusantaratv.com - 27 Januari 2023

BPBD Lumajang gerak cepat menurunkan personel mencari enam pendaki tersesat di jalur pendakian Gunung Lemongan. (Istimewa/Portal Berita Lumajang)
BPBD Lumajang gerak cepat menurunkan personel mencari enam pendaki tersesat di jalur pendakian Gunung Lemongan. (Istimewa/Portal Berita Lumajang)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Enam pendaki asal Kabupaten Lumajang, Jawa Timur (Jatim), dilaporkan tersesat di jalur pendakian Gunung Lemongan, Jumat (27/1/2023).

Mendapatkan laporan pendaki tersesat, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang bergerak cepat dengan menurunkan personelnya. Tim dipimpin Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lumajang, Patria Dwi Hastiadi.

Patria mengatakan dirinya bersama tim pendukung menyusul tim yang sudah berangkat sejak pagi tadi untuk melakukan pencarian awal.

"Kita bersama tim pendukung sudah berada di lokasi pohon signal, ini cuaca masih hujan, jadi kita hentikan sementara sambil menunggu tim penyapu yang masih dibelakang, ini kita nanti lanjut ke watu gede," kata Patria dalam keterangannya, dikutip dari laman Portal Berita Lumajang, Jumat (27/1/2023).

Sementara itu, Petugas Pusdalops BPBD Kabupaten Lumajang, Nur Cahyo mengungkapkan, rombongan pendaki yang terdiri dari Diaz warga Tompokersan, Alfan warga Desa Purworejo, Elisa warga Desa Labruk, Chein warga Desa Kutorenon, Brian warga Jalan Suwandak, dan Miftah warga Desa Yosowilangun mulai mendaki sekitar pukul 17.00 WIB dari pos Mbah Citro menuju puncak Gunung Lemongan.

Dan, tiba-tiba saja, jelas Cahyo, salah satu teman pendaki yang berada di wilayah kota memberikan informasi kepada BPBD Kabupaten Lumajang jika teman-temannya kehilangan arah pada Jumat dini hari.

"Jumat, pukul 01.00 WIB, rombongan pendaki menghubungi teman yang ada di Lumajang, dan pukul 07.19 WIB menghubungi kembali bahwa rombongan masih di seputar puncak Gunung Lamongan, informasi dilaporkan ke BPBD dan pemberangkatan Tim Adven TRC BPBD Lumajang untuk cek kebenaran informasi," cetus Cahyo.

Setelah mendapatkan lapoan, tim segera melakukan pengecekan dan pendalaman informasi, Tim adven TRC BPBD Lumajang melakukan pencarian di titik koordinat yang telah terhubung dengan survivor.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])