Bonataon dan Natal Naposobulung HKBP Distrik VIII DKI Jakarta 2024 Usung Tema 'HKBP Proaktif Menghadirkan Kebaikan Allah bagi Semua'

Nusantaratv.com - 14 Januari 2024

Pdt Marudut Lumban Gaol S.Th menyampaikan khutbah ibadah Natal Naposobulung HKBP Distrik VIII DKI Jakarta 2024
Pdt Marudut Lumban Gaol S.Th menyampaikan khutbah ibadah Natal Naposobulung HKBP Distrik VIII DKI Jakarta 2024

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-HKBP Distrik VIII DKI Jakarta yang dipimpin Praeses HKBP Distrik VIII DKI Jakarta, Pdt Bernard Manik M.Th menggelar perayaan Bonataon dan Natal Naposobulung HKBP Distrik VIII DKI Jakarta 2024 di Maria Convention Hall Jalan Perintis Kemerdekaan Kelapa Gading Jakarta Utara, Sabtu (13/1/2024) malam. 

Acara berlangsung khidmat, meriah dan penuh suka cita. Kurang lebih ada 1500 Naposobulung HKBP Distrik VIII DKI Jakarta yang hadir. 

Perayaan pembuka di tahun 2024 ini mengusung tema: 'HKBP Proaktif Menghadirkan Kebaikan Allah bagi Semua' (Matius 5:45).

Sebelum memasuki sesi khutbah Natal terlebih dahulu dilaksanakan launching atau peluncuran Orientasi Pelayanan HKBP 2024 (Tahun Oikumene Inklusif) yang ditandai dengan pemukulan tagading (gendang trasional Batak) yang dilakukan secara bersama-sama oleh Praeses HKBP Distrik VIII DKI Jakarta, Pdt Bernard Manik M.Th, Kepala Departemen Koinonia HKBP, Pdt. Dr. Deonal Sinaga dan Kepala Departemen Diakonia HKBP, Ibu Pdt. Debora Sinaga. 

Khutbah Ibadah Natal Naposobulung HKBP Distrik VIII DKI Jakarta disampaikan oleh Pdt Marudut Lumban Gaol S.Th yang merupakan Praeses HKI Daerah VII Pulau Jawa-Bali-Kalimantan.

Di awal khutbahnya, Pdt Marudut Lumban Gaol S.Th menyampaikan pemilihan tema Ibadah Natal Naposobulung HKBP Distrik VIII DKI Jakarta kali ini menjadi momentum untuk menyegarkan dan 'menghidupi' kembali firman Tuhan.

 

"Supaya kamu menjadi anak-anak Bapamu yang di surga; karena Ia menerbitkan matahari-Nya bagi orang yang jahat dan yang baik, dan Ia menurunkan hujan ke atas orang yang benar dan yang tiada benar," demikian bunyi firman Tuhan dalam Matius 5:45 yang menjadi tema kegiatan kita. 

Menurut Pendeta bunyi firman tersebut sangat relevan untuk mengkoreksi pemahaman keliru yang tertanam selama ini bahwa yang terpenting adalah mengasihi sesama di dalam kelompok saja. Sedangkan yang di luar kelompok bukan urusan kita. Bahkan kondisi ini, kata Pendeta, sangat terasa dalam kehidupan bergereja. 

"Muncul dan tumbuh pemahaman hanya kita dalam kelompok ini. Orang lain itu urusan mereka. Kita yang harus kita urus. Ini sangat terasa dalam kehidupan bergereja," tuturnya. 

Baca juga: Politik Semakin Riuh Mendekati Pemilu 2024, Praeses HKBP Distrik VIII DKI Jakarta Minta Jemaat jadi Pembawa Damai

"Ada pemahaman bahwa yang dimaksud dengan sesama adalah kita yang ada dalam kelompok ini. Maka kasihilah sesamamu. Kita-kita saja. Orang lain bukan urusan kita," tambahnya. 

Melanjutkan khutbahnya, Pendeta mengatakan maka ketika Yesus mengajarkan kepada orang-orang yang mulai tertarik kepada Yesus dan mau ikut Yesus.

 

"Dia katakan kepada orang banyak. Dan itu jugalah yang mau diingatkan kepada kita. Kalau kamu sudah mendengar kasihilah sesamamu, maka Aku katakan kepadamu kasihilah musuhmu," ujar Pendeta. 

"Yesus juga kembali menegaskan untuk siapa Allah berkarya? Bukan hanya untuk orang Yahudi. Bukan hanya orang yang mau mendengarkan pengajaran Yesus," sambungnya.

Melalui landasan tema tahun ini, seluruh warga HKBP dan kita yang berkumpul di sini kembali diingatkan. Karena Tuhan yang telah menciptakan dunia ini dan manusia yang didalamnya. Maka yang Ia cintai bukan hanya orang yang telah mendengarkan firmanNya.

"Yesus menggambarkan sebagaimana ada dalam teks ayat ini. Matahari yang Allah ciptakan itu bukan hanya untuk orang-orang Yahudi yang sudah mengklaim dirinya merekalah orang-orang yang berkenan kepada Allah. Matahari itu juga memberikan  sinarnya kepada orang yang lain," kata Pendeta. 

"Melalui pernyataan ini Yesus mengingatkan kepada kita juga sekarang yang berkumpul di sini bahwa kasih Allah adalah untuk semua orang," lanjutnya. 

"Tegas dikatakan kepada orang baik, kepada orang jahat, kepada orang yang percaya juga kepada orang-orang yang tidak percaya. Itulah Allah. Ternyata kebaikan Allah itu bukan hanya untuk kita. Tetapi untuk semua yang Tuhan telah ciptakan," tutup Pendeta. 

Acara Bonataon dan Natal Naposobulung HKBP Distrik VIII DKI Jakarta dihadiri Praeses HKBP Distrik VIII DKI Jakarta, Pdt Bernard Manik M.Th, Kepala Departemen Koinonia HKBP, Pdt. Dr. Deonal Sinaga, Kepala Departemen Diakonia HKBP, Ibu Pdt. Debora Sinaga, M.Th, Kepala Bidang Koinonia HKBP Distrik VIII DKI Jakarta Pdt Ridoi br Batubara S.Th.M.Pdk, Kepala Bidang Diakonia HKBP Distrik VIII DKI Jakarta Pdt Tiominar H br Ujung S.Th.M.Pdk dan Ketua Panitia Ferdinand Daniel C Sibarani (Ketua PND VIII DKI Jakarta) serta para pendeta dari seluruh gereja HKBP di bawah naungan HKBP Distrik VIII DKI Jakarta. Turut hadir Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Sondang Tampubolon. Pada kesempatan ini Sondang juga didaulat untuk menyampaikan sambutan. Dan dalam sambutannya Sondang mengapresiasi kepemimpinan Praeses HKBP Distrik VIII DKI Jakarta, Pdt Bernard Manik M.Th. Sondang juga mengaku bangga dengan kreatifitas dan inovasi yang dilakukan Naposobulung HKBP Distrik VIII DKI Jakarta yang sukses menggelar perayaan Bonataon dan Natal Naposobulung HKBP Distrik VIII Jakarta 2024.

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close