BNN ke Turis Asing Bali: Liburan, Pakai-Edarkan Narkoba Jangan!

Nusantaratv.com - 08 Maret 2023

Ilustrasi. (Net)
Ilustrasi. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Petrus Reinhard Golose memberikan peringatan keras kepada turis asing yang memakai atau mengedarkan narkoba di Bali. Apalagi jika narkoba dipakai dan diedarkan seraya berlibur.

"Anda boleh berlibur di Bali tetapi tidak boleh menggunakan narkotika apalagi mengedarkan narkotika," ujar Golose di Nusa Dua, Selasa (7/3/2023).

Eks Kapolda Bali itu menegaskan narkotika adalah transnational organized crime atau kejahatan internasional yang terorganisasi. Narkoba disiapkan di negara tertentu kemudian diedarkan atau dieksekusi ke negara lain.

"(Narkoba) disiapkan di negara lain, diedarkan di tempat lain. Direncanakan di tempat lain dieksekusi di tempat lain, dibuat diproduksi di tempat lain," kata dia. 

Golose mencontohkan masuknya narkotika jenis metamfetamin di Indonesia berasal dari tiga negara yang disebut The Golden Triangle dan The Golden Crescent. Segi tiga emas itu adalah Thailand, Laos dan Myanmar.

Sementara The Golden Crescent atau Bulan Sabit Emas adalah nama yang diberikan kepada salah satu dari dua wilayah utama produksi opium ilegal di Asia. Wilayah ini terletak di persimpangan Asia Tengah, Selatan, dan Barat mencakup pinggiran pegunungan Afganistan dan Pakistan yang membentang ke timur Iran.

Golose lalu mengaku sudah melakukan kerja sama untuk menekan peredaran narkoba dari Golden Peacock terutama kokain yang sudah masuk hingga ke Bali. Karena itu, ia meminta agar slogan War On Drugs terus digaungkan.

"Nah saya harapkan dengan menyuarakan ini terminologi Indonesia perang melawan narkotika, terminologi dengan Bahasa Inggris kaitan dengan orang-orang asing adalah war On Drugs. Gaungkan ini sama-sama tentang perang melawan narkotika," tandasnya. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close