BMKG: Sumatera Selatan Berpotensi Hujan

Nusantaratv.com - 25 November 2022

Arsip - Pengendara menerobos hujan lebat saat melintas di jalan protokol Palembang. (ANTARA/Nova Wahyudi/pri)
Arsip - Pengendara menerobos hujan lebat saat melintas di jalan protokol Palembang. (ANTARA/Nova Wahyudi/pri)

Penulis: Alber Laia

Nusantaratv.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Sumatera Selatan memprakirakan wilayah setempat berpotensi hujan sedang hingga lebat, Jumat.

Rilis pers diterima Antara, pada pagi hari diprakirakan cerah berawan hingga berpotensi hujan ringan di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Musi Rawas Utara, Banyuasin, Musi Banyuasin dan Penukal Abab Lematang Ilir (PALI).

Pada siang hingga sore hari diprakirakan berawan hingga berpotensi hujan sedang - lebat di wilayah OKI, Empat Lawang, Ogan Ilir, Lahat, Ogan Komering Ulu (OKU), OKU Timur, OKU Selatan, Muara Enim, Prabumulih, Musi Rawas, Banyuasin, Musi Banyuasin dan PALI.

Sedangkan yang berpotensi hujan ringan pada siang hingga sore hari di wilayah Pagaralam, Palembang, Musi Rawas Utara dan Lubuk Linggau.

Pada malam hari, cuaca diprakirakan berawan hingga berpotensi hujan petir di wilayah OKI, OKU, Muara Enim, PALI, Musi Rawas, Musi Banyuasin, Banyuasin, Ogan Ilir, Prabumulih dan Palembang.

Sedangkan yang berpotensi hujan ringan pada malam hari di wilayah OKU Timur, OKU Selatan, Lahat dan Musi Rawas Utara.

Pada dini hari, cuaca diprakirakan cerah berawan dan udara kabur/berkabut, hingga berpotensi hujan ringan di wilayah OKI, Musi Rawas, Banyuasin dan Musi Banyuasin.

Suhu udara di wilayah Sumsel dataran rendah sekitar Palembang, Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir dan OKI berkisar 24 – 33 derajat Celcius dengan kelembapan udara 60 persen - 98 persen.

Suhu udara di wilayah Sumsel dataran tinggi sekitar Pagar Alam, Empat Lawang, Lubuk Linggau, Lahat dan OKU Selatan berkisar 18 – 31 derajat Celcius dengan kelembapan udara 65 persen - 100 persen.

Angin bergerak dari Barat Daya – Utara dengan kecepatan 5 – 25 km/jam.

Tinggi gelombang laut di Selat Gelasa 0,5 – 1,25 meter, di Selat Bangka bagian Utara dan Selat Bangka bagian Selatan 0,1 – 0,50 meter, cuaca diprakirakan berawan hingga hujan ringan, arah angin dari Selatan – Utara dengan kecepatan 5 – 30 km/jam.

Berdasarkan prakiraan cuaca tersebut, BMKG mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang – lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat pada siang – malam hari di wilayah OKI, OKU, OKU Timur, OKU Selatan, Muara Enim, Prabumulih, Musi Rawas, Banyuasin, Musi Banyuasin, Palembang, Ogan Ilir dan PALI.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])