BMKG: Sejumlah Kabupaten/Kota di Sumsel Berpotensi Hujan Lebat

Nusantaratv.com - 22 November 2022

Arsip - Pengendara menerobos hujan lebat saat melintas di jalan protokol Palembang. (ANTARA/Nova Wahyudi/pri)
Arsip - Pengendara menerobos hujan lebat saat melintas di jalan protokol Palembang. (ANTARA/Nova Wahyudi/pri)

Penulis: Alber Laia

Nusantaratv.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Sumatera Selatan memprakirakan sejumlah kabupaten/kota setempat berpotensi hujan lebat, Selasa.

Rilis pers diterima Antara, hujan lebat diprakirakan terjadi pada siang hingga sore hari di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Banyuasin, Ogan Komering Ulu (OKU) Timur dan Muara Enim.

Sedangkan pada siang hingga sore hari yang berpotensi hujan ringan di wilayah Kabupaten Ogan Ilir, Musi Banyuasin, Musi Rawas, Ogan Ilir, Lahat dan Pagar Alam.

Pada pagi hari, cuaca diprakirakan cerah berawan hingga potensi hujan ringan di wilayah OKI bagian timur.

Pada malam hari, cuaca diprakirakan berawan hingga berpotensi hujan sedang - lebat di wilayah Musi Rawas, Musi Banyuasin, Banyuasin, Palembang, Muara Enim dan OKI.

Sedangkan yang berpotensi hujan ringan pada malam hari di wilayah Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Prabumulih, Ogan Ilir dan OKU Timur.

Pada dini hari, cuaca diprakirakan berawan hingga berpotensi hujan ringan - sedang di wilayah Musi Banyuasin, Banyuasin, Palembang, Ogan Ilir, OKI dan Muara Enim.

Suhu udara di wilayah Sumsel dataran rendah sekitar Palembang, Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir dan OKI berkisar 24 – 34 derajat Celcius, dengan kelembapan udara 55 persen - 97 persen.

Suhu udara wilayah Sumsel dataran tinggi sekitar Pagar Alam, Empat Lawang, Lubuk Linggau, Lahat dan OKU Selatan berkisar 21 – 33 derajat Celcius dengan kelembapan udara 60 persen - 99 persen.

Angin bergerak dari Tenggara - Barat dengan kecepatan 05 – 25 km/jam.

Tinggi gelombang laut di Selat Gelasa dan Selat Bangka bagian Selatan 0,5 -1,25 meter, di Selat Bangka bagian Utara 0,1 – 0,5 meter. Cuaca diprakirakan hujan ringan, dengan arah angin dari Timur Laut - Barat Daya dengan kecepatan 03 – 28 km/jam.

Berdasarkan prakiraan cuaca tersebut, BMKG mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat pada siang hingga sore hari di wilayah OKI, Banyuasin, OKU Timur dan Muara Enim.

Sedangkan pada malam hingga dini hari di wilayah Musi Rawas, Musi Banyuasin, Banyuasin, Palembang, Muara Enim dan OKI.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close