BMKG: Gelombang 6 Meter Landa Pantai Aceh Jumat-Minggu

Nusantaratv.com - 06 Mei 2022

Ilustrasi gelombang tinggi. (Net)
Ilustrasi gelombang tinggi. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat serta nelayan agar mewaspadai gelombang setinggi 4-6 meter di wilayah pantai barat selatan Aceh pada Jumat (6/5/2022) sampai Minggu (8/5/2022) mendatang.

Koordinator Data dan Informasi Stasiun Meteorologi SIM Banda Aceh Zakaria menjelaskan, gelombang tinggi itu berpotensi terjadi di Kabupaten Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, Pulau Simeulue, serta Aceh Singkil hingga Nias.

"Ketinggian gelombang laut mencapai enam meter ini sangat berbahaya bagi aktivitas pelayaran kapal penyeberangan," ujarnya, Jumat (6/5/2022). 

Zakaria memperkirakan gelombang tinggi di wilayah perairan selatan Aceh mencapai puncaknya pada hari Minggu (8/5/2022).

"Bagi nelayan yang mau melaut, kami sarankan agar mencari ikan di sekitar pinggir pantai yang tidak jauh dari daratan. Karena kalau ke laut lepas sangat berbahaya," kata Zakaria menambahkan.

Sedangkan, ketinggian gelombang laut untuk wilayah pantai barat Aceh meliputi Aceh Barat, Nagan Raya dan Aceh Jaya berada dalam level sedang yakni berada di kisaran 1,5 meter hingga 2,5 meter.

Namun untuk perairan Sabang, Banda Aceh dan Aceh Besar, sejauh ini masih normal berada di kisaran 0,5 meter hingga 1,2 meter.

"Yang lebih aman itu berada di wilayah pantai timur Aceh, sejak Pidie hingga Aceh Tamiang. Ketinggian gelombang hanya berkisar 0,5 meter hingga 1 meter," kata Zakaria, mengutip Antara. 

Meski aman, ia meminta nelayan agar tetap waspada jika melaut karena saat berada di laut lepas, kondisi nelayan juga tergolong berbahaya apabila tidak berhati-hati.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])