BLT Minyak Goreng Disalurkan Mulai Hari Ini untuk 170 Ribu Warga Kalimantan Selatan

Nusantaratv.com - 12 April 2022

Penyaluran BLT minyak goreng/ist
Penyaluran BLT minyak goreng/ist

Penulis: Andi Faisal | Editor: Ramses Manurung

Nusantaratv.com - Program Bantuan Langsung Tunai (BLT) minyak goreng dan sembako disalurkan kepada warga Kalimantan Selatan (Kalsel) pada hari ini, Selasa (12/4/2022). Tercatat ada 170 ribu warga yang menerima bantuan.  

Executive General Manager (EGM) PT Pos Indonesia Cabang Banjarmasin, Agus Pinandoyo menerangkan untuk Kalsel tercatat ada 170.332 warga yang menjadi penerima BLT minyak goreng dan bantuan sembako ini.

"Data sementara yang kami terima untuk di Kalsel ada sebanyak 170.332. Jumlah ini bisa bertambah juga nantinya," kata Agus Pinandoyo.

Lebih lanjut Agus menjelaskan, setiap warga yang terdaftar akan mendapatkan uang tunai sebanyak Rp 300 ribu untuk BLT minyak goreng (April, Mei dan Juni) dan juga Rp 200 ribu untuk bantuan sembakonya.

"Jadi total yang diterima sebesar Rp 500 ribu. Dan untuk se Kalsel, totalnya sekitar Rp 91 Miliar," jelasnya.

Berdasarkan data, sambung Agus, penerima terbanyak dari seluruh kabupaten kota di Kalsel adalah Banjarmasin.

"Penerima terbanyak dari Banjarmasin, yaitu sebanyak 25.413 jumlahnya," katanya.

Adapun masa pencairan BLT minyak goreng dan sembako di Kalsel, sambung Agus, berlangsung mulai 12 April hingga 20 April 2022 mendatang. Pencairan dilakukan melalui kantor pos di masing-masing daerah.

Terpisah, penyaluran BLT minyak goreng untuk warga di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) juga sudah dilaksanakan.

Sekitar 18.000 penerima BLT minyak goreng  dari Kabupaten HSU akan menerima bantuan Rp 300 ribu untuk tiga bulan sesuai kebijakan dari Kementerian Sosial.

Pihak penyalur adalah PT Pos Indonesia dan untuk di Kabupaten HSU ditargetkan penyaluran selesai pada 21 April 2022.

Plt Kepala Dinas Sosial HSU Paturrahman mengatakan meskipun penyaluran dilakukan oleh pihak PT Pos Indonesia namun Dinas Sosial tetap melakukan pengawasan terhadap bantuan yang diberikan kepada masyarakat.

Termasuk bantuan yang diberikan berupa Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BNPT).

Untuk data penerima bantuan langsung dari Kementerian sosial, untuk penerima PKH, BPNT dan BLT minyak goreng tidak sama persis dan untuk pencocokan penerima juga  mendapat bantuan dati Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK). (dari berbagai sumber)


 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close