BKPSDM Paser Luncurkan Layanan Aplikasi SI-PESULAP

Nusantaratv.com - 17 November 2022

Bupati Paser dr. Fahmi Fadli (kiri ) memperkenalkan layanan digital SI-PESULAP bersama Kepala Bidang Pengadaan dan Informasi Kepegawaian BKPSDM Kabupaten Paser Chandra Wisata. (ANTARA/R. Wartono)
Bupati Paser dr. Fahmi Fadli (kiri ) memperkenalkan layanan digital SI-PESULAP bersama Kepala Bidang Pengadaan dan Informasi Kepegawaian BKPSDM Kabupaten Paser Chandra Wisata. (ANTARA/R. Wartono)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, meluncurkan layanan digital aplikasi Sistem Informasi Pelayanan Usul ASN Pensiun atau SI-PESULAP

"Aplikasi ini untuk memenuhi kebutuhan layanan administrasi yang cepat, efektif, dan efisien bagi aparatur sipil negara (ASN) yang akan pensiun," kata Kepala Bidang Pengadaan dan Informasi Kepegawaian BKPSDM Kabupaten Paser Chandra Wisata, di Tanah Grogot, Kamis.

Biasanya menjelang pensiun, kata dia, seorang aparatur sipil negara selalu disibukkan dengan mengurus administrasi pensiun yang kadang merepotkan.

"Repot dari segi waktu hingga biaya yang harus dikeluarkan, misalnya untuk mengurus Taspen ke luar daerah," kata dia.

Namun, katanya,  dengan adanya aplikasi SI-PESULAP, maka ASN yang ingin mengurus pensiun tidak perlu bolak balik datang ke Kantor BKPSDM maupun Kantor Taspen.

Selama ini, ujar dia, mengurus administrasi secara manual dinilai tidak efektif dan efisien. Dia mencontohkan bagaimana repotnya seseorang yang akan mengusulkan pensiun datang ke BKPSDM sambil membawa berkas.

"Ya kalau lengkap dokumennya, kalau tidak, maka dia harus kembali ke rumah mencari berkas yang kurang, dari segi waktu itu tidak efisien lalu bagaimana kalau tinggal di kecamatan, maka perlu biaya transportasi lagi untuk bolak-balik," ujarnya.

Chandra menjelaskan melalui aplikasi layanan digital SI-PESULAP yang bisa diakses melalui smartphone, maka permasalahan yang dihadapi ASN yang akan memasuki pensiun bisa teratasi.

"Misal berkas kurang, nanti ada notifikasi atau pemberitahuan berkas apa yang kurang dari verifikator BKPSDM, dan itu membuat kita tahu," jelas Chandra.

Melalui aplikasi SI-PESULAP ini, katanya, ada jaminan kepastian selesai tepat waktu, seperti terbitnya SK Pensiun. Sampai dengan Desember 2022 tercatat 169 ASN memasuki masa pensiun.

Bahkan, papar dia, ASN tidak perlu lagi mengurus administrasi Taspen ke luar daerah karena sistemnya sudah terintegrasi antara BKN dengan Taspen .

Ia mengatakan aplikasi layanan digital SI-PESULAP merupakan proyek aksi perubahan peserta Diklatpim Administrator Angkatan VI PPSDM Kemendagri Regional Makassar Tahun 2022.

"Secara resmi aplikasi SI-PESULAP ini rencananya akan diluncurkan bersama aplikasi lain oleh Bupati Paser Fahmi Fadli pada 24 November 2022," tuturnya.

Untuk menggunakan layanan digital SI-PESULAP, tambah dia, maka pengguna terlebih dahulu membuka website simpadu.paserkab.go.id setelah terbuka maka pilih layanan SI-PESULAP lalu mengisi data-data.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close