Biksu yang Jalan Kaki dari Thailand ke Candi Borobudur Nginap di Pondok Kanzus Sholawat Milik Habib Luthfi bin Yahya

Nusantaratv.com - 27 Mei 2023

32 biksu berjalan kaki dari Thailand menuju Candi Borobudur/ist
32 biksu berjalan kaki dari Thailand menuju Candi Borobudur/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-32 Biksu yang berjalan kaki dari Thailand menuju Candi Borobudur menginap di Pondok Kanzus Sholawat milik Habib Luthfi bin Yahya di Pekalongan, Jawa Tengah,pada Kamis, 25 Mei 2023.

Hanya saja ke-32 biksu thudong Thailand itu tidak sempat bertemu dengan sang ulama. Pada saat para biksu tiba, Habib Luthfi bin Yahya sedang berada di Jakarta.

Namun para biksu sempat melakukan video call dengan Habib Luthfi bin Yahya. Sang ulama menyampaikan permintaan maaf kepada Bhante Kantadhammo atau Bhante Wawan karena tidak bisa menemui para biksu secara langsung. 

Dalam percakapan keduanya, Habib Luthfi bin Yahya juga menuturkan bahwa dia merasa terhormat para Biksu bisa bermalam di tempatnya. Dia berjanji, akan menyusul mereka ke Candi Borobudur menjelang Waisak.

Keinginan Habib Luthfi bin Yahya itu pun disambut baik oleh Bhante Wawan. Dia bahkan berjanji akan menyiapkan kamar khusus bagi sang ulama jika datang ke Candi Borobudur nanti.

Apa yang dilakukan Habib Luthfi bin Yahya pun mendapatkan apresiasi dari Young Buddhist Association atau Asosiasi Buddhis Muda Indonesia. Mereka memuji toleransi yang terus digaungkan sang ulama.

"Semoga Habib sehat dan bahagia selalu, agar pemuda-pemudi Buddhis khususnya bisa belajar menjadi sosok yang tetap rendah hati dan mau melayani untuk semua seperti apa yang disumbangasihkan Habib Luthfi untuk negeri tercinta ini," ujarnya.

Sebelum tiba di Pekalongan, para biksu lebih dulu beristirahat di Markas Koramil 10 Wiradesa dan sempat mendapatkan pemeriksaan kesehatan.

Setelah selesai, para biksu melanjutkan perjalanan menuju kediaman Habib Luthfi bin Yahya di pusat Pekalongan. Sepanjang perjalanan, ke-32 biksu pun menerima sambutan hangat dari warga. Bahkan, sebagian warga menyediakan air mineral dan handuk.

Diketahui ke-32 biksu dari Thailand tersebut berjalan kaki ke Candi Borobudur untuk memperingati Hari Raya Waisak 2567 BE. Sementara untuk menyebrangi lautan, para Biksu menggunakan kapal, dan pesawat untuk tiba di Bandara Soekarno Hatta. Selanjutnya, mereka akan menempuh jalur Karawang untuk pergi ke Candi Borobudur yang ada di Magelang.

Setiba di Candi Borobudur, nantinya mereka akan melakukan ritual keagamaan di puncak perayaan Hari Waisak, 4 Juni 2023. 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])