Biden Belum Akui Prabowo-Gibran Menang Pilpres, Tapi Putin Sudah!

Nusantaratv.com - 16 Februari 2024

Presiden Rusia Vladimir Putin. (Antara/Xinhua)
Presiden Rusia Vladimir Putin. (Antara/Xinhua)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Ucapan selamat dari para pemimpin negara ke calon presiden yang unggul hasil quick count lembaga survei maupun real count KPU RI di Pilpres 2024, Prabowo Subianto, masih terus berdatangan. Giliran pemimpin negara adikuasa Rusia yang ucapkan selamat ke Prabowo. 

Presiden Rusia Vladimir Putin bahkan menyebut kemenangan Prabowo di Pilpres sangat meyakinkan.

"Yang terhormat Bapak Prabowo Subianto, terimalah ucapan selamat saya yang setulus-tulusnya atas kemenangan meyakinkan Anda dalam pemilihan presiden," ujar Putin, dikutip dari media pemerintah Rusia TASS, Jumat (16/2/2024).

Menurut Putin, hubungan Indonesia-Rusia berlandaskan sikap saling menghormati. Selain itu, lanjut dia, kerja sama kedua negara selama telah berhasil berkembang di berbagai bidang.

"Hubungan Indonesia-Rusia dilandasi oleh tradisi persahabatan yang baik hati dan saling menghormati serta berhasil berkembang di berbagai bidang," kata Putin.

Putin mengaku yakin aktivitas Prabowo sebagai kepala negara akan berkontribusi terhadap seluruh kerja sama Rusia-Indonesia. Putin menyebut Prabowo bisa memperkuat keamanan dan stabilitas di kawasan Asia-Pasifik.

"Saya mengandalkan dialog konstruktif dengan Anda dan kerja sama yang bermanfaat mengenai isu-isu topikal dalam agenda bilateral dan internasional," tutur Putin.

Putin pun mendoakan Prabowo sukses, sehat, dan sejahtera.

Sebelumnya, Amerika Serikat (AS) belum mau mengakui Prabowo-Gibran sebagai pemenang Pilpres 2024. Sebab mereka masih menunggu hasil resmi dari KPU RI.

"Kami mengucapkan selamat kepada masyarakat Indonesia atas besarnya partisipasi mereka dalam pemilu hari ini," ujar juru bicara Departemen Luar Negeri AS Matthew Miller, dalam keterangannya, Rabu (14/2/2024).

"Kami menantikan pengumuman resmi hasil pemilu dari Komisi Pemilihan Umum," imbuhnya. 

Kendati siap bekerja sama dengan presiden dan wakil presiden terpilih, AS belum menyebut nama Prabowo-Gibran selaku pemenang Pilpres versi hitung cepat. Sebab AS masih menunggu hasil Pilpres versi KPU RI. 

Di sisi lain, kata AS, Pemilu 2024 yang digelar RI dalam satu hari, merupakan bukti ketangguhan dan kuatnya komitmen masyarakat Indonesia terhadap proses demokrasi dan lembaga pemilu.

"Kami berharap dapat bekerja sama dengan presiden terpilih dan pemerintah Indonesia berikutnya, serta badan legislatif, mengenai prioritas bersama yang bermanfaat bagi rakyat kedua negara," tandas Miller. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close