Biar Bisa Kuasai Harta Korban, Pria Poligami di Sulbar Bunuh Istri Pertama

Nusantaratv.com - 03 Mei 2023

Ilustrasi. (Net)
Ilustrasi. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Wanita bernama Jumiati (38) tewas mengenaskan di Mamuju Tengah (Mateng), Sulawesi Barat (Sulbar). Korban dibunuh oleh suaminya sendiri yang berinisial Z (45).

Mayat korban awalnya ditemukan di tepi jalan di Desa Sukamaju, Kecamatan Kaross, Mateng pada Selasa (25/4/2023) sekitar pukul 22.30 Wita. Jasad korban ditemukan dengan 5 luka tusukan.

"Korbannya seorang ibu rumah tangga. Ditemukan tewas tergeletak di pinggir jalan akibat luka di punggung sebanyak 5 tusukan," ujar Kasat Reskrim Polres Mateng Iptu Fredy, Rabu (26/4/2023).

Menurut Fredy, korban awalnya ditemukan oleh warga yang melintas di lokasi kejadian. Saat itu, warga menduga Jumiati adalah korban tabrak lari.

"Ada warga yang temukan dan dikira korban kecelakaan sehingga langsung dibawa ke Puskesmas," kata Fredy.

Belakangan polisi mengungkap korban Jumiati tewas dibunuh oleh suaminya sendiri. Pelaku dibantu oleh dua orang pria masing-masing berinisial S dan TA.

"Otak dari kasus tersebut merupakan suami korban, jadi suaminya yang merencanakan (pembunuhan)," ujar Iptu Fredy, Selasa (2/5/2023).

Dia menjelaskan, Z dan S sudah ditangkap di tempat persembunyiannya di Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel) pada Sabtu (29/4/2023). S merupakan adik ipar dari pelaku Z.

"Ditangkap di Bone," ucapnya. 

Sementara pelaku TA masih dalam pengejaran polisi. Fredy mengungkap TA merupakan keponakan dari pelaku Z.

"Ada tiga semua. Penyidik masih mengejar satu pelaku yang melakukan penikaman. TA ini keponakannya (suami korban)," kata dia. 

Fredy mengungkapkan pelaku Z merupakan pria yang memiliki tiga istri. Korban Juniati sendiri merupakan istri pertama pelaku.

Menurut dia, Z tega menghabisi nyawa korban karena ingin menguasai harta istrinya berupa kebun sawit dan peternakan sapi.

"Masalah harta, dia (pelaku merencanakan pembunuhan) mau kuasai hartanya (korban)," ujar Iptu Fredy.

"Hartanya (istrinya) itu ada peternakan sapi sama kebun sawit," jelasnya.

Fredy mengatakan Z dalam kasus ini berperan sebagai otak pembunuhan. Sementara adik ipar dari istri ketiganya, S dan keponakannya TA jadi eksekutor yang melakukan penikaman.

"Yang melakukan penikaman ini TA dan S atas perintah Z," tandasnya. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close