Besok DPR-KPU Rapat Keputusan Tahapan Pemilu

Nusantaratv.com - 06 Juni 2022

Ilustrasi. (Net)
Ilustrasi. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Komisi II DPR, Pemerintah, dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) bakal menggelar rapat guna menetapkan sejumlah poin krusial dan tahapan Pemilu 2024 pada Selasa (7/6/2022) di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta.

Hal itu diungkapkan Ketua KPU Hasyim Asy'ari usai menggelar audiensi dengan pimpinan DPR di kompleks parlemen, Senin (6/6/2022). Menurut dia, sejumlah poin krusial soal Pemilu kini telah disepakati dan tinggal diputuskan secara formal.

"Dari berbagai macam topik tadi sudah boleh dikatakan sudah sinkron antara semua pihak, besok tinggal di sepakati secara formal," ujarnya. 

Menurut dia, rapat juga akan membahas proses penyusunan Peraturan KPU yang akan menjadi landasan aturan pelaksanaan Pemilu 2024. Termasuk pula soal tahapan, hingga program.

Selama beberapa bulan terakhir, kata dia, pihaknya telah banyak menggelar rapat dan pertemuan, baik dengan pemerintah dan DPR terkait pemilu. Menurut dia, sejumlah permasalahan Pemilu telah dibahas detail dalam rapat.

Upaya tersebut dilakukan agar semua kemungkinan terkait proses dan tahapan pemilu dapat dipertimbangkan. Misalnya, terkait kesepakatan agar masa kampanye dipangkas menjadi 75 hari. Menurut dia, jumlah waktu tersebut akan berdampak pada pengadaan logistik seperti pencetakan surat suara.

"Misalkan durasi kampanye sekian hari dan efeknya terhadap pencetakan atau produksi surat suara dan formulir terutama atau kami sering sebut logistik pemilu," kata dia.

Sementara, setidaknya ada lima poin krusial yang akan diputuskan dalam rapat besok. Selain durasi masa kampanye, ada pula soal besaran anggaran, penyelesaian sengketa pemilu, penggunaan voting elektronik, hingga pengadaan logistik.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close