Besok, DPR Gelar Uji Kelayakan Calon Panglima TNI Yudo Margono

Nusantaratv.com - 01 Desember 2022

KSAL Laksamana Yudo Margono/ist
KSAL Laksamana Yudo Margono/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com - Besok, Jumat (2/12/2022), Komisi I DPR akan menggelar uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) terhadap KSAL Laksamana Yudo Margono sebagai calon panglima TNI pengganti Jenderal Andika Perkasa.

"Komisi I akan menggelar fit and proper test calon panglima esok," kata Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid, Kamis (1/12/2022).

Meutya menerangkan fit and proper test akan berlangsung selama sehari penuh. Seleksi akan dimulai sejak pagi hari dengan verifikasi persyaratan.

Pada siang, Yudo akan memaparkan visi misinya di Komisi I secara terbuka. Namun, penyampaian visi misi bisa tertutup jika ada hak strategis yang harus dirahasiakan.

Fit and proper test akan dilanjutkan dengan verifikasi faktual ke kediaman Yudo.

"Lalu direncanakan verifikasi faktual ke kediaman setelah rapat fit and proper test selesai," katanya.

Nama Yudo diajukan untuk menggantikan Andika yang bakal memasuki masa pensiun pada Desember 2022. Jika terpilih sebagai calon Panglima TNI, Yudo diperkirakan mengisi jabatan itu hingga jelang akhir 2023.

Pasalnya, berdasarkan ketentuan usia, Yudo akan pensiun pada November 2023.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkap alasannya memilih Yudo Margono sebagai calon Panglima TNI. Jokowi mengatakan pemilihan perwira bintang empat TNI AL itu karena ingin memastikan rotasi matra di pucuk kepemimpinan TNI.

Diketahui, mulai dari periode pertama Jokowi menjabat sebagai Presiden RI hingga saat ini tongkat komando Panglima TNI pernah dipegang satu perwira bintang empat dari TNI AU dan tiga bintang empat dari TNI AD, mengutip CNNIndonesiacom.

Urutannya yaitu Jenderal TNI AD Moeldoko, Jenderal TNI AD Gatot Nurmantyo, Marsekal TNI AU Hadi Tjahjanto, dan terakhir Jenderal TNI AD Andika Perkasa.

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])