Bertugas Mengamankan Presiden Jokowi, KRI Teluk Banten 516 Tiba di Pelabuhan Bung Karno Ende

Nusantaratv.com - 27 Mei 2022

KRI Teluk Banten 516 saat tiba di Pelabuhan Bung Karno  Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur ( NTT) pada Kamis (26/5/2022). Foto (Ist.)
KRI Teluk Banten 516 saat tiba di Pelabuhan Bung Karno Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur ( NTT) pada Kamis (26/5/2022). Foto (Ist.)

Penulis: Gabrin | Editor: Supriyanto

Nusantaratv.com - KRI Teluk Banten 516 tiba di Pelabuhan Bung Karno  Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur ( NTT) pada Kamis (26/5/2022).

Kedatangan KRI Teluk Banten 516 dalam rangka pengamanan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo yang akan menghadiri upacara Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022 di Lapangan Pancasila, Ende.
 
Salain itu , kehadiran KRI Teluk Banten 516 dalam rangka mengikuti Parade Laut yang akan digelar pada tanggal 28 Mei 2022. Parade laut yang diselenggarakan untuk mengenang Bung Karno saat dibuang dan diasingkan di Ende.

Bupati Ende, Djafar ketika ditemui di pelabuhan Bung Karno Ende menjelaskan, KRI Teluk Banten 516 yang tiba dari Kupang ini membawa sejumlah pasukan baik dari TNI Angkatan Laut maupun TNI Angkatan Udara.
 
Djafar menjelaskan, KRI Teluk Banteng 516 ini akan melakukan pengamanan kedatangan Presiden Jokowi di Kabupaten Ende. Selain itu KRI Teluk Banteng 516 juga akan berpartisipasi dalam Parade Laut yang dilaksanakan pada Sabtu, 28 Mei 2022.

Meski demikian, kata Djafar Achmad, KRI Teluk Banten 516 tidak terlibat langsung namun akan mengirim kapal kecilnya ( Skoci) untuk mengikuti parade laut tersebut.
 
"KRI Teluk Banten 516 akan tetap stay di dermaga, namun akan mengirim skoci  atau kapal kecil untuk mengikuti parade laut" ujarnya.
 
Lebih lanjut Djafar menjelaskan, setidaknya terdapat 1500 perahu motor dari pulau Ende yang akan meriahkan parade laut tersebut menuju pelabuhan Bung Karno.
 
"Nantinya plakat burung Garuda ,dan rombongan dari Pulau Ende termasuk yang melakoni Bung Karno dan Ibu Inggit akan diterima di KRI Teluk Banten 516 dan dilakukan upacara penyambutan di atas kapal.Dari Pulau Ende rombongan akan dipimpin oleh wakil Bupati Erikos Emanuel Rede" ujarnya.
 
Djafar menjelaskan, setelah dilakukan upacara diatas kapal, plakat burung garuda akan diarak dan melakukan parade darat bersama pemeran Bung Karno dan ibu Inggit menyinggahi situs yang ada.
 
Warga masyarakat, tambah Djafar, saat upacara penyambutan boleh berada di area dermaga setelah itu bergerak bersama melakukan parade darat.
 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close