Bersiap Penolakan Provinsi Baru, 300 Brimob Dikirim ke Wamena

Nusantaratv.com - 30 Juni 2022

Ilustrasi. (Net)
Ilustrasi. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Polri mengirim 300 personel Brimob ke Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua guna mengantisipasi penolakan atas pembentukan tiga provinsi baru. Komandan Batalion C Resimen II Pasukan Pelopor Brimob Polri, AKBP Aleks Tobing mengatakan 300 personel itu akan membantu Polres Jayawijaya untuk menjaga keamanan.

"Personel Mabes Polri ini tugasnya membantu Polres Jayawijaya terkait rencana penetapan DOB. Jadi sudah jelas menambah perkuatan," ujarnya. 

Sementara itu, Polres Jayawijaya, AKBP Muh Safei, mengatakan 300 Brimob akan membantu 187 personel yang sejauh ini telah disiagakan.

Dia berharap masyarakat menerima kebijakan pemerintah pusat karena ada tujuan baik, yakni pemerataan pembangunan di Papua.

"Harapannya masyarakat harus mendengar pimpinan kita karena pimpinan yang ada, ini adalah wakil Tuhan yang ada di dunia," katanya.

Seorang pejabat TNI dari Batalion Infantri 756/Wimane Sili menyatakan siap memberikan dukungan kepada polisi dalam menjaga urusan keamanan di Papua usai penetapan tiga provinsi baru.

Diketahui, DPR baru saja mengesahkan rancangan undang-undang menjadi undang-undang tentang pembentukan tiga provinsi baru di Papua lewat paripurna pada hari ini, Kamis (30/6/2022). 

Tiga daerah otonomi baru itu antaral lain Papua Tengah, Papua Pegunungan, dan Papua Selatan, mengutip Antara. 

Papua Tengah akan beribukota di Nabire. Sementara ibu kota Papua Pegunungan akan berlokasi di Jayawijaya dan Papua Selatan bakal beribu kota di Merauke.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close