Alasan Jokowi Pilih AHY Jadi Menteri ATR/BPN

Nusantaratv.com - 21 Februari 2024

Presiden RI Joko Widodo memberikan keterangan pers usai acara pelantikan pejabat negara di Istana Negara, Jakarta, Rabu (21/2/2024). ANTARA/Rangga Pandu Asmara Jingga
Presiden RI Joko Widodo memberikan keterangan pers usai acara pelantikan pejabat negara di Istana Negara, Jakarta, Rabu (21/2/2024). ANTARA/Rangga Pandu Asmara Jingga

Penulis: Alber Laia

Nusantaratv.com - Presiden RI Joko Widodo mengaku tidak ragu memberikan posisi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) kepada Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY.

"Saya kira saya tidak ragu memberikan tempat untuk Kementerian ATR/BPN karena ini urusan manajemen saya kira beliau akan sangat siap," kata Presiden Jokowi usai acara pelantikan pejabat negara di Istana Negara, Jakarta, Rabu. Seperti dikutip dari Antara.

Presiden Joko Widodo telah menjelaskan mengenai latar belakang pendidikan dan karier politik Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) serta alasan di balik penunjukannya sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

AHY memang memiliki latar belakang pendidikan yang cukup luas, termasuk pendidikan di Universitas Teknologi Nanyang di Singapura, Universitas Harvard, dan Webster University di Amerika Serikat.

Pelantikan AHY sebagai Menteri ATR/Kepala BPN merupakan bagian dari perombakan kabinet dan penggantian pejabat yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo, yang juga melantik Hadi Tjahjanto sebagai Menko Polhukam. 

Tangkap layar - Presiden Jokowi, Agus Harimurti Yudhoyono, dan Annisa Pohan. (Youtube: Seketariat Presiden)

Pelantikan keduanya dilakukan secara bersamaan sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 34 P Tahun 2024.

AHY memiliki perjalanan yang cukup menarik, dimulai dari karier militernya yang diakhiri pada akhir tahun 2016 untuk beralih ke dunia politik, mengikuti jejak ayahnya, Susilo Bambang Yudhoyono.

AHY telah menempuh pendidikan tinggi di beberapa institusi ternama di luar negeri, yang menunjukkan komitmennya terhadap pengembangan diri dan pengetahuan yang luas. Setelah terjun ke dunia politik, AHY aktif di Partai Demokrat dan akhirnya dipilih sebagai Ketua Umum partai tersebut untuk periode 2020-2025.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close