Beri Pelatihan UMKM, Sondang Tampubolon Ingin Wirausaha Baru Bermunculan

Nusantaratv.com - 14 Desember 2022

Anggota Komisi VI DPR RI Sondang Tampubolon secara resmi membuka Kegiatan Pelatihan Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)/Istimewa
Anggota Komisi VI DPR RI Sondang Tampubolon secara resmi membuka Kegiatan Pelatihan Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)/Istimewa

Penulis: Alamsyah

Nusantaratv.com - Anggota Komisi VI DPR RI Sondang Tampubolon secara resmi membuka Kegiatan Pelatihan Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang diikuti oleh ibu-ibu yang berdomisili di wilayah Jakarta Timur.

Pelatihan yang digelar di Gedung Serba Guna Grand Unedo, Cipayung ini akan berlangsung selama dua hari, Rabu (15/12) dan Kamis (16/12). Adapun materi pelatihan meliputi pelatihan menjahit dan pelatihan membuat olahan makanan. 

Peserta pelatihan UMKM sedang membuat olahan makanan khas Bandung, Bolen. (Foto: Istimewa)

 

Kegiatan ini terlaksana atas kerjasama Kementerian BUMN, Bank BRI dan Yayasan Nusantara Membangun Bangsa (YNMB).

Menurut Sondang Tampubolon,  pelatihan ini diharapkan bisa mencetak para wirausaha baru serta meningkatkan perekonomian warga, khususnya yang berdomisili di wilayah DKI Jakarta. 

"Sesuai dengan program Presiden Joko Widodo, pelatihan ini diharapkan bisa mencetak sebanyak-banyaknya wirausaha baru khususnya di DKI Jakarta ini yang merupakan etalase Indonesia. Pelatihan ini juga diharapkan bisa meningkatkan ekonomi keluarga dan mengisi pembangunan untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang lebih maju." ujar Sondang Tampubolon usai membuka kegiatan di Cipayung, Jakarta Timur, Rabu (15/12/2022).

Para peserta pelatihan UMKM sedang membuat pola pakaian. (Foto: Istimewa)

 

Sondang juga mengatakan pentingnya para peserta pelatihan untuk memanfaatkan kemajuan teknologi digitalisasi, agar hasil usaha mereka bisa menjangkau lebih jauh lagi.

"Pelatihan ini untuk masyarakat berpenghasilan rendah. Ibu-ibu dalam mengisi waktunya bisa menghasilkan uang. Dengan adanya digitalisasi tentu tidak sulit lagi untuk membuat usaha. Digitalisasi dapat membantu hasil produksi peserta pelatihan ini dengan jangkauan yang sangat luas." imbuh Sondang yang juga Kader Partai PDI Perjuangan.

Ditambahkan Sondang, Indonesia sendiri sebenarnya bisa mencontoh negara China yang mana perekonomian mereka juga turut ditopang oleh UMKM.

"Di China banyak sekali UMKM yang mendukung perekonomian negaranya." sambungnya.

Untuk mendorong peserta pelatihan mampu dan bisa membuat produk busana dan olahan makanan, Sondang juga memberikan bantuan berupa sejumlah peralatan menjahit dan peralatan pembuatan beragam olahan makanan. 

"Kita memberi bantuan berupa peralatan, sebagai modal alat usaha seperti mesin jahit dan alat-alat membuat olahan makanan." tutup Sondang.

 

Anggota Komisi VI DPR RI Sondang Tampubolon bersama para peserta pelatihan UMKM. (Foto: Istimewa)

 

Nurul Azis selaku Instruktur pelatihan konveksi di Jakarta Timur mengatakan, para peserta pelatihan tidak ditentukan syarat untuk bisa menjahit. Menurutnya, yang penting para peserta pelatihan punya niat dan semangat yang besar untuk melakukan pelatihan tersebut.

"Saya akan memberikan pelatihan kepada peserta bagaimana mereka bisa membuat pakaian. Teknisnya mulai dari cara pengambilan ukuran, menggunting bahan, memadukan motif sampai menjahit. Terakhir nanti kita akan mengadakan fashion show dari hasil para peserta pelatihan." ujar Nurul Azis. 

Antusiasme besar terlihat dari para peserta pelatihan UMKM tersebut. Salah satu peserta yaitu Riana Agustina Marpaung bahkan mengaku sangat bersyukur mendapatkan pelatihan yang diberikan Sondang Tampubolon tersebut.

"Saya senang sekali bisa mengikuti pelatihan ini. Saya juga sangat bahagia dapat bertemu langsung dengan Ibu Sondang yang sangat luar biasa. Menurut saya, Ibu Sondang sebagai Anggota DPR mau berbaur dengan kita dan membangun ibu-ibu yang tadinya cuma di rumah, bisa menjadi wirausaha baru yang bisa punya penghasilan di keluarga." pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close