Bereskan Kemacetan, Kapal dari Merak Hanya Turunkan Penumpang ke Bakauheni dan Langsung Balik Lagi

Nusantaratv.com - 07 April 2024

Pelabuhan Merak. (Antara)
Pelabuhan Merak. (Antara)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Kemacetan lalu lintas masih terjadi di jalan tol menuju Pelabuhan Merak. Ini terjadi akibat meningkatnya jumlah pemudik yang hendak menyeberang ke Pulau Sumatra, melalui pelabuhan itu. 

Pemerintah pun menggelar rapat koordinasi guna mengatasi persoalan ini. Menurut Menko PMK Muhadjir Effendy, pihaknya mengambil kebijakan bahwa kapal dari Merak ke Pelabuhan Bakauheni, hanya untuk menurunkan penumpang lalu kembali ke Merak. 

"Di samping akan kita lihat perkembangan, nanti kapal dari Merak ke Bakauheni itu hanya nge-drop penumpang, semuanya, dan langsung kembali ke Merak untuk angkut penumpang," ujar Muhadjir usai rapat koordinasi dengan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan pihak terkait lain di Pelabuhan Merak, Banten, Minggu (7/4/2024).

Sementara untuk bongkar-muat, akan dilakukan di Ciwandan atau Pelabuhan Panjang.

"Tidak ada lagi skema 7-3 atau 4-3 tidak ada, kemudian untuk yang membongkar dan muat itu hanya dari Ciwandan ke Bakauheni, atau ke Panjang," jelas dia. 

"Sementara dari Merak khusus untuk drop saja. Kosong balik untuk isi kembali," imbuh Muhadjir.

Menurut Muhadjir, pihaknya masih akan melihat perkembangan dari kebijakan itu. Sebab, situasi saat ini pemudik masih berbondong-bondong menuju Merak. 

"Tentu saja ini akan kita lihat perkembangan karena mengingat antisipasi situasi sekarang perkembangan," tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close