Beredar Video Berisi Pesan Pemimpin Al-Qaeda Ayman Al-Zawahiri yang Diyakini AS Sudah Tewas

Nusantaratv.com - 24 Desember 2022

Pemimpin baru Al Qaeda, Ayman al-Zawahiri dari Mesir, terlihat dalam gambar yang diambil dari video yang dirilis pada 12 September 2011. (Reuters)
Pemimpin baru Al Qaeda, Ayman al-Zawahiri dari Mesir, terlihat dalam gambar yang diambil dari video yang dirilis pada 12 September 2011. (Reuters)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Al-Qaeda merilis rekaman video berdurasi 35 menit yang diklaim kelompok itu dinarasikan oleh pemimpin mereka, yakni Ayman Al-Zawahiri.

Rekaman itu diungkapkan oleh kelompok intelijen SITE, Jumat (23/12/2022), seperti dilaporkan Reuters. Namun, rekaman itu tidak bertanggal. Sedangkan transkripnya tidak secara jelas menunjukkan kerangka waktu pembuatannya.

Al-Zawahiri dilaporkan tewas dalam serangan yang dilancarkan Amerika Serikat (AS) di Afghanistan, pada Agustus lalu. Dimana kabar kematiannya disebut-sebut menjadi hantaman terbesar bagi Al-Qaeda sejak pendiri kelompok teroris itu, Osama bin Laden, yang tewas pada 2011.

Al-Zawahiri bersembunyi dari target AS selama bertahun-tahun. Operasi untuk menemukan dan membunuhnya juga sangat merepotkan komunitas kontraterorisme dan intelijen Barat.

Hingga kini, Al-Qaeda belum menunjuk pengganti Al-Zawahiri. Namun, mantan perwira pasukan khusus Mesir, Saif al-Adel, dipandang para ahli sebagai kandidat utamanya. Al-Adel merupakan salah satu pentolan Al-Qaeda yang sosoknya tak banyak diketahui publik sejauh ini. 

AS menawarkan hadiah hingga US$10 juta (sekitar Rp156 miliar) untuk informasi yang mengarah pada penangkapannya Al-Adel.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])