Bentrok dengan Tentara Israel, Satu Remaja Palestina Tewas dan Puluhan Orang Terluka

Nusantaratv.com - 28 Mei 2022

Ilustrasi bendera Palestina. (Anadolu Agency)
Ilustrasi bendera Palestina. (Anadolu Agency)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Seorang remaja Palestina tewas dan lebih dari 90 orang lainnya terluka dalam bentrokan dengan tentara Israel di Tepi Barat pada Jumat (27/5/2022).

Hal itu disampaikan petugas medis dan saksi mata Palestina, seperti dikutip dari Xinhua, Sabtu (28/5/2022). Kementerian Kesehatan Palestina mengatakan seorang remaja bernama Zeid Ghuneim (15 tahu), tewas setelah dia ditembak oleh tentara Israel di leher dan punggungnya selama bentrokan di kota al-Khader, dekat kota Bethlehem, Tepi Barat.

Di sisi lain, pihak berwenang Israel belum mengomentari insiden tersebut. Sementara itu, Masyarakat Bulan Sabit Merah Palestina (PRCS) mengatakan lebih dari 90 warga Palestina terluka selama protes dan bentrokan dengan tentara Israel di desa Burqa, Beit Dajan, Beita dan Huwara.

Di antara yang terluka, 10 ditembak dengan peluru tajam, 22 oleh peluru karet, dan puluhan mengalami sesak napas karena menghirup gas air mata, kata organisasi itu.

Bentrokan sengit pecah di beberapa kota dan desa pada Jumat (27/5/2022), terutama di dekat kota Nablus dan Qalqilya di Tepi Barat utara, dan puluhan demonstran anti-pemukiman membakar ban dan melemparkan batu ke tentara Israel, kata saksi mata Palestina.

Warga Palestina mengorganisir demonstrasi dan protes pada Jumat (27/5/2022) terhadap kebijakan pemerintah Israel untuk memperluas pemukiman dan penyitaan tanah, dan demonstrasi biasanya berubah menjadi bentrokan dengan tentara Israel.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close