Baznas Kota Yogyakarta Bantu Renovasi Rumah Tak Layak Huni

Nusantaratv.com - 13 Mei 2023

Baznas Kota Yogyakarta memberikan bantuan sebesar Rp50 juta untuk merenovasi Rumah Tidak Layak Huni yang berada di Kelurahan Bener dan Kricak, Kemantren Tegalrejo. (Istimewa/jogjakota.go.id)
Baznas Kota Yogyakarta memberikan bantuan sebesar Rp50 juta untuk merenovasi Rumah Tidak Layak Huni yang berada di Kelurahan Bener dan Kricak, Kemantren Tegalrejo. (Istimewa/jogjakota.go.id)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Yogyakarta memberikan bantuan sebesar Rp50 juta untuk merenovasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang berada di Kelurahan Bener dan Kricak, Kemantren Tegalrejo.

Ketua Baznas Kota Yogyakarta, Syamsul Azhari mengatakan dana tersebut didistribusikan melalui program Yogya Sejahtera.

"Ini adalah komitmen kami. Baznas setiap tahunnya rutin memberikan bantuan dana untuk merenovasi RTLH di Kota Yogyakarta," ujar Syamsul di Balaikota, seperti dilansir dari laman Pemerintah Kota Yogyakarta, Sabtu (13/5/2023).

Dana tersebut, lanjut dia, diperoleh dari himpunan zakat, infak, dan sedekah (ZIS) serta dana sosial keagamaan lainnya (DSKL). Syamsul mengungkapkan pada bulan Ramadhan 2023, torehan ZIS DSKL mencapai Rp1,5 miliar.

Jumlah tersebut meningkat 16 persen di banding Ramadhan tahun lalu yakni Rp1,3 miliar. "Sementara untuk tahun 2023 ini kami menarget peroleh ZIS DSKL sebesar Rp12 miliar," imbuhnya.

Guna mencapai target tersebut pihaknya akan melakukan berbagai cara, salah satunya adalah dengan memasifkan kampanye dan edukasi zakat digital. "Kami juga akan mengintensifkan sinergi dengan berbagai instansi untuk meningkatkan himpunan ZIS DSKL di Kota Yogyakarta," jelasnya.

Sementara untuk menjaga akuntabilitas dan transparasi laporan, Baznas Kota Yogyakarta telah melakukan kerjasama dengan berbagai media cetak atau surat kabar. "Kami rutin mempublish laporan tersebut di media cetak," jelasnya.

Syamsul berharap agar kepercayaan muzaki dan masyarakat dapat terus terjaga dan tumbuh sehingga dapat terus menyalurkan zakat, infak dan sedekahnya melaui Baznas Kota Yogyakarta.

"Kami akan terus berusaha meningkatkan kinerja pengelolaan zakat sehingga dapat terus membantu program Pemkot Yogyakarta untuk mengentaskan kemiskinan dengan tetap bengedepankan prinsip kehati-hatian dan disiplin dalam mengelola dana ZIS DSKL," tukasnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])